Tafsir Mimpi Membayar Utang Menurut Islam

0
548

BincangSyariah.Com – Setiap orang pasti pernah merasakan berutang atau justru mengutangkan teman atau kerabat yang sedang membutuhkan. Tidak jarang juga hal itu sampai terbawa mimpi. Menurut Imam Ibnu Sirin dalam Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam, mimpi membayar utang atau menunda membayar utang itu memiliki tafsiran tersendiri dalam Islam.

Menurutnya, orang yang bermimpi membayar utang atau memenuhi hak orang lain itu pertanda ia akan menyambung silaturahim kerabat atau kenalannya. Selain itu, orang itu juga berpotensi akan memberikan santunan untuk orang fakir dan miskin. Tidak hanya itu, mimpi memenuhi hak orang lain juga pertanda akan dipermudah urusan yang sedang membelit orang tersebut. (Baca: Maksud Hadis Silaturahim Memperpanjang Umur)

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Sirin berikut:

وأما قضاء الدين فمن رأى كأنه قضى دينا أو أدى حقا فإنه يصل رحما أو يطعم مسكينا وييسر عليه أمر متعذر من أمور الدين أو أمور الدنيا

Artinya:

Terkait membayar utang, orang yang mimpi hal tersebut pertanda ia akan menyambung silaturahim, menyantuni orang miskin, dan perkara sulit ukhrawi maupun duniawi akan dipermudah.

Selain itu, orang yang mimpi membayar utang juga pertanda ia akan kembali dari perjalanan jauhnya. (Baca: Tafsir Mimpi Melihat Api Menurut Islam)

Sementara itu, orang yang menunda-nunda membayar utang itu pertanda ia akan mendapatkan ujian berupa teguran siksaan dan kesengsaraan. (Baca: Sulit Ditagih, Bolehkah Mempermalukan Orang yang Berhutang di Medsos?). Wallahu a’lam bis shawab.

Baca Juga :  Keutamaan Membaca Surah Al-Insyiqaq; Ringan Terima Catatan Amal di Akhirat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here