Bagaimana Hukum Mengqadha Shalat Ketika Khatib Sedang Berkhotbah?

0
11

BincangSyariah.com- Khotbah Jumat merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pelaksanaan shalat Jumat. Pun mendengarkan khatib berceramah ketika Khotbah sangat dianjurkan dalam Islam. Namun, bagaimana hukum mengqadha salat (baca; misalnya mengqadha salat subuh) ketika khatib sedang berkhutbah di atas mimbar?

Adapun hukum melakukan qadha shalat wajib, ketika khatib sedang berkhutbah di atas mimbar adalah haram.

Pendapat ini sebagaimana tertuang dalam kitab at-Taqrirotu as-sadidatu fil masailil mufidah, karya Syaikh Hasan bin Ahmad bin Muhammad al-kaff . Syekh Hasan Al-Kaff menjelaskan bahwa hukum mengqadha salat ketika khatib sedang berkhutbah di atas mimbar adalah haram. Pasalnya, mendengarkan khutbah Jumat sangat dianjurkan dalam Islam.

Berikut kutipan pendapat Syaikh Hasan Al-Kaff:

حكم الصلاة وقت الخطبة الجمعة: اذا صعد الخطيب على المنبر حرمت الصلاة بالاجماع, ايا كانت, ولو كانت قضاء على الفور

Artinya: Hukum shalat pada waktu khutbah jumat berlangsung: Apabila khatib naik ke atas mimbar, haram hukumnya salat, menurut sepakat ulama. Walaupun shalat yang wajib di qadha segera.

Pendapat ini dikuatkan pula dengan hadist nabi Muhammad;

إذا قلت لصاحبك والإمام يخطب يوم الجمعة: أنصت فقد لغوت

Artinya: Apabila kamu berkata kepada sahabatmu, padahal Imam sedang berkhutbah pada hari Jumat “diamlah!”, maka sesungguhnya kamu telah melakukan perbuatan yang sia-sia (H.R. Muttafakun A’laihi ).

Selanjutnya, ada juga hadist keutamaan mendengarkan khutbah Jumat:

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوْءَ ثُمَّ أَتَى الْجُمْعَةَ فَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ, غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمْعَةِ وَزِيَادَة ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ, وَمَنْ مَسَّ الْحَصَى فَقَدْ لَغَى

Artinya: Barangsiapa meyempurnakan wudhunya, kemudian berangkat untuk shalat Jum’at, maka hendaklah dia mendengarkan khutbah dan diam, maka akan diampuni dosa-dosanya antara Jum’at ini dengan Jum’at yang akan datang, dan ada tambahan tiga hari lagi. Dan barangsiapa yang bermain kerikil, maka sungguh ia telah berbuat sia-sia. (HR. Muslim)

Namun ada pengecualian—shalat ketika khatib sedang berkhutbah—, yaitu salat tahiyatul masjid. Dalam hal ini ulama mazhab Syafi’i membolehkan salat sunat tahiyatul masjid. Pendapat ini berlandaskan hadist Nabi Muhammad, yang diriwayatkan Imam Muslim:

عن جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رضي الله عنهما، قَالَ: (جَاءَ سُلَيْكٌ الْغَطَفَانِيُّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَرَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ، فَجَلَسَ، فَقَالَ لَهُ: يَا سُلَيْكُ، قُمْ فَارْكَعْ رَكْعَتَيْنِ، وَتَجَوَّزْ فِيهِمَا، ثم قال: إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ، فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ، وَلْيَتَجَوَّزْ فِيهِمَا.

Artinya: dari Jabir bin Abdillah semoga allah meridhai keduanya, berkata ia; telah datang Sulaik Al-Ghathafani pada hari Jumat, sementara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedang melaksanakan khutbah, Sulaik pun langsung duduk—tanpa salat—, maka Rasul berkata kepada Sulaik, “Wahai Sulaik, bangun dan shalatlah dua rakaat, kerjakanlah dengan ringan.” Kemudian Beliau bersabda, “Jika salah seorang dari kalian datang pada hari Jumat, sedangkan imam sedang berkhutbah, maka hendaklah dia shalat dua rakaat, dan hendaknya dia mengerjakannya dengan ringan.

Imam Nawawi mengatakan ini hadist yang menjadi hujah Imam Syafii, Ahmad, dan Ishaq terkait boleh shalat sunat tahiyatul masjid ketika khatib sedang berkhutbah. Beliau berkata:

هذه الأحاديث كلها صريحة في الدلالة لمذهب الشافع وأحمد وإسحاق وفقهاء المحدثين: أنه إذا دخل الجامع يوم الجمعة والإمام يخطب: استُحِبَّ له أن يصلي ركعتين تحية المسجد،

Artinya: inilah hadis yang menjadi dasar bagi mazhab Syafi’i, Ahmad, Ishaq dan para fuqaha, bahwa apabila masuk masjid seorang untuk melaksanakan shalat Jumat, dan ketika itu imam sedang berkhutbah, disunatkan baginya salat sunat tahuyatul masjid sebanyak dua rakaat.

Demikianlah penjelasan bagaimana ukum mengqadha salat ketika khutbah Jumat sedang berlangsung?.

(Baca :Pahala Melakukan Amalan Sunnah Jum’at)

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here