Tafsir Mimpi Melihat Api Menurut Islam

1
2375

BincangSyariah.Com – Melihat api dalam mimpi pertanda baik atau buruk? Api dalam kehidupan sehari-hari manusia sangat bermanfaat. Misalnya, api digunakan untuk memasak, energi panas untuk mengolah logam, pembangkit listrik, dan sebagainya. Namun, api juga dapat membahayakan manusia bila menyala terlalu besar. (Baca: Mimpi Haus dan Minum dalam Islam, Pertanda Baik atau Buruk?)

Menurut Imam Ibnu Sirin dalam Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam, api merupakan simbol kekuasaan, siksa, dosa, adanya jin, pedang, fitnah, kekeringan, sakit, wabah. Namun, terkadang api juga merupakan simbol kebaikan, seperti mendapatkan petunjuk, ilmu, Islam, Al-Qur’an, rezeki, dan kekayaan.

Tafsir mimpi melihat api pun bermacam-macam menurut Imam Ibnu Sirin. Orang yang bermimpi melihat api disertai bunyi dan asap terjatuh dari langit itu pertanda akan terjadi ujian di tempat tersebut. (Baca: Mimpi Melihat Singa, Ini Artinya Menurut Ulama)

Namun bila api tersebut tidak disertai suara, hanya asap saja, itu pertanda akan ada penyakit dan wabah di tempat tersebut.

Sementara itu, orang yang bermimpi melihat api di perkebunan atau tempat bertani itu pertanda akan ada paceklik atau tanaman di tempat tersebut akan terserang hama. Di samping itu, orang yang bermimpi menyalakan api di tempat yang banyak dilalui masyarakat itu pertanda ia akan mendapatkan ilmu dan petunjuk baik.

Sebaliknya, orang yang bermimpi menyalakan api di tempat yang tak biasa dilalui manusia atau api tersebut membakar orang lain itu pertanda buruk. Di antaranya orang tersebut akan mengalami kezaliman dari orang yang berkuasa.

Selain itu, mimpi melihat api di tungku atau tempat memasak itu pertanda ia akan mendapatkan kekayaan dan kemanfaatan. Ini apabila dialami oleh orang yang memang berprofesi yang berkaitan dengan api, seperti koki.

Baca Juga :  el-Bukhari Institute Adakan Kursus Singkat Pemahaman Hadis Berbasis Maqasid Syariah

Sementara itu, orang yang bermimpi mematikan api, mimpi api menjadi abu, mimpi api mati tersiram air itu pertanda orang tersebut akan menjadi fakir dan berhenti dari pekerjaanya. Sebaliknya, orang yang tak punya pekerjaan dan bermimpi menyalakan api itu pertanda ia akan mendapatkan rezeki atas bantuan orang yang memiliki jabatan. Wallahu a’lam bis shawab.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here