Inilah Arti Mimpi Adzan dan Iqomat Menurut Islam

17
42302

BincangSyariah.Com – Dalam beberapa riwayat dijelaskan bahwa azan pertama kali dilafalkan pada tahun pertama Hijriyah. Pengumandang azan pertama adalah sahabat Rasul yang bernama Bilal bin Rabbah yang berfungsi sebagai penanda masuknya waktu salat bagi kaum muslimin. (Baca: Sejarah Adzan dalam Islam). Namun bagaimana jika adzan atau iqomat terbawa dalam mimpi. Adakah tafsirannya?

قال الأستاذ أبو سعيد رضي الله عنه: من رأى أنه أذن مرة أو مرتين وأقام وصلى فريضة رزق حجا وعمرة. فإن رأى كأنه يؤذن على منارة فإنه يكون داعيا إلى الحق ويرجى له الحج. فإن رأى كأنه يؤذن في بئر فإنه يحث الناس على سفر بعيد.

Ustaz Abu Said radhiyallahu ‘anhu menjelaskan, orang yang bermimpi adzan sekali atau dua kali, kemudian iqomat, dan shalat fardu, itu akan diberikan rezeki mampu berhaji dan umrah. Sementara orang yang bermimpi seakan-akan ia mengumandangkan adzan di atas menara itu pertanda ia akan menjadi dai kebaikan dan diharapkan dapat pergi haji. Di sisi lain, orang yang bermimpi seakan-akan mengumandangkan adzan di sebuah sumur itu pertanda ia akan mengajak manusia untuk bepergian jauh.

فإن رأى أنه زاد في الأذان أو نقص منه أو غير ألفاظه فإنه يظلم الناس بقدر الزيادة والنقصان

Bila seseorang bermimpi menambahi, mengurangi, atau mengubah redaksi adzan itu pertanda ia akan menzalimi orang lain sesuai kadar menambahi atau mengurangi redaksi adzan tersebut.

وإن أذن في شارع، فإن كان من أهل الخير فإنه يأمر بالمعروف وينهى عن المنكر، وإن كان من أهل الفساد فإنه يضرب

Seseorang yang (bermimpi) mengumandangkan adzan di jalan, bila ia orang baik, itu pertanda dia akan melakukan amar makruf dan nahi mungkar. Sementara bila yang bermimpi itu bukan orang baik, itu pertanda dia akan menyakiti.

ومن رأى كأنه يؤذن على حائط فإنه يدعو رجلا إلى الصلح

Orang yang bermimpi seakan-akan ia mengumandangkan adzan di atas tembok itu pertanda dia akan mengajak seseorang untuk berdamai.

وإن أذن فوق بيت فإنه يموت أهله، فإن أذن فوق الكعبة فإنه يظهر بدعة، والأذان في جوف الكعبة لا يحمد

Bila seseorang (bermimpi) mengumandangkan adzan di atas rumah itu pertanda keluarganya akan meninggal. Sementara itu, orang yang (bermimpi) mengumandangkan adzan di atas Kakbah itu pertanda ia akan menampakkan kebidahan. Hal ini karena adzan di perut Kakbah itu tidak terpuji.

ومن أذن على سطح جاره فإنه يخون أهله

Orang (yang bermimpi) mengumandangkan adzan di atas loteng (rumah) tetangganya itu pertanda ia akan mengkhianati keluarganya.

ومن أذن بين قوم فلم يجيبوه فإنه بين قوم ظلمة

Orang (yang bermimpi) mengumandangkan adzan di antara masyarakat, namun mereka tidak menjawab seruan adzan tersebut itu pertanda ia berada di antara masyarakat yang zalim.

17 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum warohmatullah..
    Ustadz terimakasih sebelumnya atas artikel yang bermanfaat,
    Akan lebih baik jika memaparkan sumber dari dalil² tsb. Terimakasih

  2. […] BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa sebelum kita melaksanakan shalat fardhu, kita disunnahkan terlebih dahulu untuk mengumandangkan adzan dan iqamah. Namun, karena waktu sempit atau sebab lainnya, kita umumnya mencukupkan iqamah saja sebelum melaksanakan shalat. Sebenarnya, lebih baik adzan atau iqamah jika harus memilih antara keduanya karena waktu sempit? (Inilah Arti Mimpi Adzan dan Iqomat Menurut Islam) […]

  3. Assalamu’allaiqum.. saya adin mo nanya ,saya mimpi adzan pas mau haiaallalshoah saya malah nangis lama ,trus saya lanjutin lagi sampe beres ,pas saya mau shalat saya malah pergi ngambil wudlu pas beres wudlu shalat nya dah ketinggalan kira” pertanda apa y… soal nya hati kepikiran ortu yg di kampung maaf

  4. Assalamukalikum warohmatullha…
    Ustad terimaksih atas artikel nya.
    Saya mau tanya apa arti dri mimpi ayah saya.
    Saya mendengarkan beliau bermimpi mengumandangkan azan.ayah saya baru saja mengalami kecelakan,dalam 1 bulan ini sudah 2kali pada 1 januari 2020 dan 10 januari 2020 dan saya bersyukur beliau tidak apa-apa dan orang yang dicelakan.dan malam ini tepat jam 00.00 beliau bermimpi mengumadangksn azan
    Apa maksud dari mimpi itu??

  5. […] BincangSyariah.Com – Dalam Islam, ketika seseorang sedang dalam keadaan sedih, maka dia dianjurkan untuk memperbanyak mengingat Allah dengan cara berzikir, membaca Al-Quran, melaksanakan shalat dan lain sebagainya. Namun demikian, ada sebagian orang yang minta diadzani ketika sedang dalam keadaan sedih. Adakah anjuran mengumandangkan adzan pada orang yang sedang dalam keadaan sedih? (Baca: Inilah Arti Mimpi Adzan dan Iqamah Menurut Islam) […]

  6. Makasih ustad informasinya soalnya kemrin malam saat malam.jumat sy bermimpi mengumandangkan azan didalam.masjid padhal bbrp thn ini tdk lg azan dimasjd terkhir azan saat SD, dan melanjutkan iqomat semoga penjelasan ustad diatas terijabah dan pertanda baik krn berbagai usaha yg sy krjkn tdk ada perbhan semoga untuk semua ummat insya Allah

  7. Apa-apa serba dalil hehehe macam mau naik bus aja,serba nanya tentang kehidupan si supir dulu
    Akhirnya gak berangkat-berangkat

  8. Aslmkm pa ustad. Sy mau tanya . Mlm. Kmren saya mimpi adzan subuh di mushola/ masjid, lanjut iqomat lanjut sholat. Sewaktu ngambil wudhu sy melihat orang sedang hajatan disebelah masjid tersebut. Mohon penjelasannya pertanda apa ya ustad ??? Ini mampu adzan yg ke 2 x. Yg pertama sy mimpi adzan jg dibulan Romadhon .tp 2 Minggu kemudian sy dpt musibah. Mohon penjelasannya termakasih

  9. […] Kampungtahfidz.co.id – Sudah maklum bahwa sebelum kita melaksanakan shalat fardhu, kita disunnahkan terlebih dahulu untuk mengumandangkan adzan dan iqamah. Namun, karena waktu sempit atau sebab lainnya, kita umumnya mencukupkan iqamah saja sebelum melaksanakan shalat. Sebenarnya, lebih baik adzan atau iqamah jika harus memilih antara keduanya karena waktu sempit? (Inilah Arti Mimpi Adzan dan Iqomat Menurut Islam) […]

  10. Assalamu’alaikum.. ustadz saya mau tanya, saya bermimpi mengumandangkan adzan karena menggantikan orang mengumandangkan adzan yang kurang benar dan semua masyarakat tidak menjawabnya serta ada satu orang yang mengganggu saya saat adzan tapi adzan saya sampai selesai, apa ini artinya?

  11. Assallamuallaikum pak uatad, saya mimpi azan dimushola.spertinya ada tiga atau dua orang yang memperhatikan saya.itu artinya apa pak ustad.terima kasih.
    ” bary “

  12. Assallamuallaikum pak uatad, saya mimpi azan dimushola.spertinya ada tiga atau dua orang yang memperhatikan saya.itu artinya apa pak ustad.terima kasih.
    ” bary “

  13. Assalamualaikum pak ustad
    Saya bermimpi mengumandangkan azan subuh, di masjid di dalam menara masjid yang cukup tinggi dan saya merasa ketakutan ketinggian tapi pada akhirnya azan pun selesai,setelah kaget dan bangun tidur jam sudah menunjukan jam 5’15 menit dan akhirnya saya ketinggalan sholat jamaah di masjid. Mohon tafsirannya pak ustad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here