Keutamaan Membaca Surah Abasa; Di Hari Kiamat Akan Tertawa

0
753

BincangSyariah.Com – Surah Abasa merupakan surah ke-80 (delapan puluh) dalam Al-Quran. Surah ini terdiri dari 42 (empat puluh dua) ayat, dan termasuk golongan surah Makkiyah. (Baca: Tafsir Surah ‘Abasa Ayat 1 Sampai 10: Pentingnya Menghargai Siapapun)

Menurut riwayat, surah ini turun sebagai teguran atas sikap Rasulullah terhadap Ibnu Ummi Maktum. Disebutkan bahwa suatu ketika Rasulullah Saw menerima dan berbicara dengan para pembesar orang quraisy yang beliau harapkan masuk Islam. Pada saat itu, datanglah Ibnu Ummi Maktum dengan tujuan agar Rasulullah membacakan kepadanya ayat-ayat Al-Quran yang telah diturunkan oleh Allah. Tetapi Rasulullah bermuka masam dan memalingkan muka, kemudian turun surah ini sebagai teguran kepada beliau. (Baca: Sering Bermuka Masam Dapat Timbulkan Penyakit, Ini Alasannya)

Sebagaimana surah-surah dalam Al-Quran, surah ‘Abasa memiliki keistimewaan khusus dan keutamaan tersendiri. Berdasarkan riwayat yang disebutkan oleh Muhammad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi dalam kitab Lamahatul Anwar wa Nafahatul Azhar, setidaknya ada dua keutamaan dan keistimewaan membaca surah ‘Abasa.

Pertama, orang yang membaca surah ‘Abasa, maka dia akan berada di hari kiamat dalam keadaan bahagia dan tertawa. Ini berdasarkan hadis berikut;

عن ابي بن كعب قال: قال لي النبي صلى الله عليه وسلم من قرأ سورة عبس كان وجهه يوم القيامة ضاحكا مستبشرا

Dari Ubay bin Ka’ab, dia berkata; Nabi Saw berkata kepadaku, ‘Barangsiapa membaca surah ‘Abasa, maka wajahnya di hari kiamat tertawa bahagia.

Juga berdasarkan riwayat berikut ini;

عن النبي صلى الله عليه وسلم  من قرأ سورة عبس وتولى جاء يوم القيامة ووجهه ضاحك مستبشر

Dari Nabi Saw; Barangsiapa mebaca surah ‘Abasa wa tawalla, maka dia datang di hari kiamat dalam keadaan wajahnya tertawa bahagia.

Baca Juga :  Keutamaan Membaca Surah Al-Muddatstsir

Kedua, orang yang membaca surah ‘Abasa, maka dia akan dilindungi dari kejelekan di dunia dan akhirat. Hal ini berdasarkan riwayat berikut;

عن النبي صلى الله عليه وسلم  انه قال: من قرأ عبس واذا الشمس كورت اعاذه الله من كل فضيحة في الدارين

Dari Nabi Saw bahwa beliau bersabda; Barangsiapa membaca surah ‘Abasa dan Idzasy syamsu kuwwirat, maka akan melindunginya dari kejelekan di dunia dan akhirat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here