Tafsir Mimpi Melahirkan Menurut Islam

0
1001

BincangSyariah.Com – Bagi sepasang suami-istri, memiliki buah hati merupakan suatu anugerah dan sekaligus amanat yang Allah berikan kepada keduanya. Namun bagaimana jika sepasang suami-istri itu hanya mimpi melahirkan? Ternyata imam Ibnu Sirin menjabarkan tafsir mimpi melahirkan dalam bukunya Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam sebagai berikut: (Baca: Amalan Ketika Perempuan Sulit Melahirkan)

من رأى أنه وضع جارية أصاب خيرا كثيرا

Orang yang bermimpi melahirkan anak perempuan itu pertanda akan mendapatkan kebaikan yang melimpah.

ومن رأى أنه وضع غلاما أصاب هما شديدا ويناله كلاما مكروها وربما يموت

Orang yang bermimpi melahirkan anak lelaki itu pertanda ia akan tertimpa kegelisahan berat, mendapat cemoohan, atau mungkin akan meninggal.

ومن رأى أن امرأته أو جاريته وضعت غلاما فإنها تلد جارية إن كانت حاملا

Orang yang bermimpi bahwa istri atau putrinya melahirkan bayi lelaki itu pertanda istri atau putrinya akan melahirkan bayi perempuan bila memang yang bersangkutan sedang hamil.

وإن لم تكن فإنه يصيبه هم ثم يفرج الله عنه، فإن رأى ما يدل على السر فإنه يخاف عليه الموت

Namun, bila istri atau putrinya tidak sedang hamil, orang yang mimpi itu akan tertimpa kegelisahan, kemudian Allah memberikan kelapangan hatinya. Namun bila mimpinya samar itu dikhawatirkan akan tertimpa kematian.

ومن رأى أن إحداهما ولدت غلاما فإنه يعبر بالضد

Orang yang salah satu (istri atau putri) itu melahirkan bayi lelaki itu penafsirannya sebaliknya. (Artinya salah satu dari keduanya bila sedang hamil itu akan melahirkan bayi perempuan).

Dalam kesempatan lain, Imam Ibnu Sirin mengutip pendapat Imam Ja‘far al-Shadiq mengenai mimpi melahirkan bayi lelaki atau bayi perempuan.

وقال جعفر الصادق: من رأت أنها ولدت ابنا وتكلم معها في الحال فإنه يدل على موتها وإن رأت أنها ولدت بنتا وتكلمت معها في الحال فإن الله يرزقها ولدا يسود قومه

Baca Juga :  Ilmu Kalam, Semangka India dan Lalat Berakal

Imam Ja‘far al-Shadiq: perempuan yang bermimpi melahirkan bayi lelaki dan langsung bisa berbicara saat itu juga bersama ibunya tersebut itu pertanda ia akan meninggal. Sementara itu, perempuan yang bermimpi melahirkan bayi perempuan dan langsung bisa berbicara itu pertanda ia akan dinugerahi seorang putra yang akan menjadi pemimpin masyarakatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here