Doa Agar Dipermudah Mendapatkan Pekerjaan

0
612

BincangSyariah.Com –  Hidup memang tidak melulu tentang duit, namun hidup itu butuh sesuatu yang bernama duit. Seseorang bisa berangkat pagi pulang pagi sebab urusan mencari duitnya belum kelar. Seseorang bisa rela jauh dari keluarga karena tempat mengais duitnya nan jauh dari rumah. Atau bahkan seseorang juga bisa mengambil jalan pintas sebagai pengemis agar bisa memiliki duit. Ah semuanya sebab duit.

Gambaran di atas merupakan gambaran manusia yang sedang merengkuh kehidupan dunia dan kenikmatannya sesuai rida Allah. Sebagaimana firman-Nya dalam QS Al Qashah ayat 77:

وَابْتَغِ فِيمَا آَتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآَخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi

Ayat yang mendorong manusia untuk bekerja demi bekal hidupnya di dunia. Allah mengingatkan bahwa visi akhirat yang utama, namun tidak lupa pula dengan bekal hidup di dunia. Hidup dengan seimbang.  Tidak  seperti Qarun, tokoh serakah dan pengejar harta yang diceritakan dalam Al Quran yang terlalu sibuk mengejar harta dan kesenangan dunia. Sehingga ia lupa akan kehidupan akhirat yang lebih kekal dan lebih baik dari segala apa yang ada di dunia ini.

Bekal di dunia bisa dicari dengan cara bekerja. Mungkin warisan juga bisa, namun ia bertahan beberapa waktu saja. Setelah itu harus kembali mencari anugerah Tuhan dengan bekerja. Mencari kerja itu gampang-gampang susah rupanya. Ada yang belum selesai sekolah sudah dilamar oleh beberapa perusahaan. Namun ada juga yang harus menunggu bertahun-tahun setelah kelulusannya.

Sudah mencoba mengirim CV lewat berbagai email, namun tak kunjung juga sebuah jawaban. Di samping usaha tetap jalan, rupanya Rasulullah mengajarkan doa kepada kita agar cepat mendapatkan pekerjaan. Dengan doa ini, seseorang berharap untuk bisa mengais beberapa anugerah-Nya lewat beekerja. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Sabda Nabi tentang Kemuliaan Bekerja daripada Mengemis

اللهم اغفرلي ذنبي ووسع خلقي وطيب كسبي وقنعني بما رزقتني ولا تذهب قلبي إلى شيئ صرفته عني

Allahumma ‘irghfir dzanbi wawassi’ khuluqi wa thayyib li kasabi wa qanni’ni bima razaqtani wala tadzhab qalbi ila sya’in sharraftahu ‘anni

Ya Allah ampunilah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, barilah untukku pekerjaan yang baik, jadikan aku puas merasa apapun yang engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah engkau palingkan dariku.

Doa tersebut bisa dibaca sambil dibarengi dengan usaha lahiriah. Tidak semata-mata berdoa, lantas pekerjaan berada di depan mata. Berdoa itu menunjukkan kita manusia yang lemah, kita butuh bantuan Allah. Begitupun dengan doa yang bisa mempercepat seseorang dalam mendapatkan pekerjaan tersebut. Jika dirasa susah untuk mendapatkannya, maka gunakan senjata kita dalam berdoa kepada Allah.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here