Doa Setelah Menangis

0
1568

BincangSyariah.Com – Dalam keadaan dan momen tertentu, kita pasti pernah menangis. Umumnya kita menangis karena mengalami perasaan sedih. Baik karena ditinggal orang yang kita cintai, tertekan dari sebuah pekerjaan atau masalah, dan lain sebagainya.

Aadakalanya kita juga menangis karena mengalami perasaan bahagia. Seperti bertemu dengan keluarga yang sudah lama tidak berjumpa, mendapatkan kabar gembira tentang kelulusan, dan lain sebagainya.

Dalam Islam, ketika kita menangis, baik karena mengalami perasaan bahagia, lebih-lebih karena mengalami perasaan sedih, kita dituntut untuk selalu berserah diri kepada Allah dengan senantiasa berdoa kepada-Nya. Setiap perasaan yang kita alami hingga membuat kita menangis semuanya tidak lepas dari ketentuan dan takdir dari-Nya.

Oleh karena itu, ketika kita selesai menangis, terutama karena mengalami perasaan sedih, maka kita perlu berdoa kepada-Nya agar kelak di hari kiamat kita diselamatkan dari momen yang menyedihkan. Adapun doa setelah menangis adalah sebagai berikut;

إِلَهِي وَسَيِّدِي، لَا تُخْزِنِي يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Ilaahii wa sayyidii, laa tukzinii yawma yaquumul hisaab.

Wahai Tuhanku, janganlah Engkau membuat aku sedih pada saat hari perhitungan.

Doa ini berdasarkan sebuah riwayat yang disebutkan oleh Ibnu Abi Al-Dunya dalam kitab Al-Riqqah wa Al-Buka’ beriktut;

كَانَ عُتْبَةُ الْغُلَامُ يَبْكِي حَتَّى تَمْتَلِئَ رَاحَتُهُ بِدُمُوعِ عَيْنَيْهِ ثُمَّ يَمْسَحُ بِهَا وَجْهَهُ وَرَقَبَتَهُ وَيَقُولُ: إِلَهِي وَسَيِّدِي، لَا تُخْزِنِي يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Utbah Al-Ghulam menangis sampai telapak tangannya penuh dengan air matanya, kemudian air matanya dia usapkan pada wajah dan lehernya sambil berdoa; Ilaahii wa sayyidii, laa tukzinii yawma yaquumul hisaab (Wahai Tuhanku, janganlah Engkau membuat aku sedih pada saat hari perhitungan).

Baca Juga :  Bacaan Istighfar Spesial Agar Doa Terkabul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here