Apakah Golongan Jin Masuk Surga?

1
899

BincangSyariah.Com – Di dalam Al-Quran banyak dijumpai ayat-ayat yang menjelaskan bahwa manusia yang beriman kepada Allah, maka balasannya adalah surga. Sebaliknya, bagi yang durhaka kepada Allah, maka balasannya adalah neraka. Begitu pula dijumpai ayat-ayat yang menjelaskan bahwa jin juga akan menjadi penghuni neraka.

Di antaranya adalah surah Al-A’raf ayat 179, Allah berfirman;

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ

Dan sesungguhnya kami jadikan untuk neraka jahanam kebanyakan dari jin dan manusia.

Ayat ini berisi penegasan dari Allah bahwa penghuni neraka jahanam kebanyakan terdiri dari golongan manusia dan jin. Berdasarkan ayat ini dan ayat-ayat serupa, para ulama sepakat bahwa golongan jin juga akan masuk neraka. Namun demikian, para ulama berbeda pendapat mengenai apakah golongan jin masuk surga atau tidak, sebagaimana manusia.

Mengenai masalah ini, di dalam kitab Al-Asybah wan Nazhair Imam Al-Suyuthi menyebutkan tiga pendapat ulama.

Pertama, kebanyakan ulama berpendapat bahwa golongan jin akan masuk surga, seperti manusia, sebagai balasan dari keimanan mereka. Jika mereka beriman kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, maka mereka akan mendapatkan balasan surga dan menjadi penghuninya.

Dalil yang dijadikan hujjah oleh para ulama bahwa golongan jin juga masuk surga adalah firman Allah dalam surah Al-Rahman ayat 46-47 berikut;

وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ جَنَّتَانِ فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. Maka nikmat Tuhan kalian berdua yang manakah yang kalian berdua dustakan?

Ayat ini ditujukan kepada manusia dan jin, dan jika mereka berdua takut kepada Allah, maka mereka berdua akan mendapatkan surga. Ini menunjukkan bahwa golongan jin juga masuk surga, sebagaimana manusia.

Baca Juga :  Kisah Ulama Mazhab Hanafi Melamar Dengan Buku

Kedua, sebagian ulama berpendapat golongan jin tidak masuk surga melainkan mereka tinggal di tempat antara surga dan neraka.

Ketiga, golongan jin masuk surga sebagaimana manusia. Hanya saja mereka tidak bisa melihat manusia dan sebaliknya manusia bisa melihat mereka. Ini adalah pendapat Imam Al-Harits Al-Muhasibi.

Dari ketiga pendapat di atas, pendapat pertama adalah pendapat yang benar. Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Ibnu Katsir berikut;

والحق أن مؤمنهم كمؤمني الإنس يدخلون الجنة ، كما هو مذهب جماعة من السلف

Yang benar adalah bahwa golongan beriman dari golongan jin seperti golongan beriman dari golongan manusia, yaitu mereka masuk surga. Ini adalah pendapat sekolompok ulama salaf.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here