Doa Nabi Ketika Mengunjungi Orang yang Tertimpa Musibah

1
1253

BincangSyariah.Com-  Mujua Sapanjang Hari,Malang Sakijok Mato yang berarti ‘mujur sepanjang hari, malang sekejap mata’ itulah sebuah pepatah orang Minang yang menggambarkan terhadap musibah yang datang menimpa seseorang, keluarga ataupun orang banyak. Sebagaimana yang sering kita alami dan dengar bahwa banyak sekali musibah yang datang silih berganti baik kepada kita ataupun kepada saudara kita. Kita sebagai sesama manusia sangat dianjurkan untuk membantu saudara kita yang ditimpa musibah baik bantuan berupa materi, ataupun berupa kunjungan pada saudara kita yang tertimpa musibah tersebut.

Mengunjungi orang yang terkena Musibah adalah suatu sikap yang sering dicontohkan oleh Rasulullah dan memiliki keutamaan tersendiri bagi orang yang melakukannya. Ada di antara hadis Rasulullah yang menyebutkan keutamaan yang didapatkan bagi orang yang mengunjungi orang yang terkena musibah, yaitu sebuah  hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dalam kitab sunannya yang diriwayatkan dari  Abdullah bin Mas’ud, bahwa Nabi saw bersabda:

مَنْ عَزَّى مُصَابًا فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ

“Barangsiapa yang berta’ziah kepada orang yang tertimpa musibah, maka dia akan mendapatkan pahala yang semisal(orang yang terkena musibah)” (H.R At-Tirmidzi)

Ketika menengok orang yang terkena musibah, kita juga dianjurkan untuk mendoakan orang tersebut. Hal ini juga telah dilakukan oleh Rasulullah, bahwa ketika mengunjungi salah seorang sahabat yang terkena musibah, beliau mendoakan sahabat tersebut.

Adapun doa yang beliau ucapkan ketika mengunjungi sahabat yang terkena musibah tersebut adalah sebuah doa yang terdapat dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi dalam kitab sunan Al Kabir yang diriwayatkan dari Abi Khalid Al Walibi:

عَنْ أَبِى خَالِدٍ يَعْنِى الْوَالِبِىَّ : أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- عَزَّى رَجُلاً فَقَالَ : يَرْحَمُكَ اللَّهُ وَيَأْجُرُكَ

Baca Juga :  Doa Setelah Salat Sunah Qabliyah Subuh

“DariAbi Khalid, yaitu Al Walibiy, bahwasannya Nabi saw mengunjungi (yang berduka cita), maka nabi berkata (berdoa), Yarhamukallah wa Ya`juruka (semoga Allah merahmati engkau dan membalasi engkau).” (H.R Baihaqi)

Itulah di antara doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad kepada kita ketika beliau mengunjungi orang yang terkena musibah. Semoga kita bisa mengamalkannya dan mendapatkan keutamaan  seperti keutamaan yang disebutkan dalam hadis tersebut. Amiin ya Rabbal ‘Alamin.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here