Zikir yang Lebih Rasul Cintai dari pada Semua yang Tersinari Matahari

0
2369

BincangSyariah.Com – Imam Nawawi dalam al-Adzkar menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan zikir adalah kehadiran hati. Hal ini hendaknya menjadi tujuan utama dari para ahli zikir. Ia harus berusaha keras untuk merealisasikannya, memikirkan makna zikir yang dibacanya dan memahami maknanya. Zikir seperti ini yang dapat menerangi hati.

Karena itu, Rasulullah selalu menganjurkan umatnya memperbanyak berzikir mengingat Allah. Namun di antara semua zikir yang beliau ucapkan terdapat zikir yang paling dicintainya melebihi semua yang tersinari matahari.

Sebagaimana dalam sebuah hadis yang diriwayatkan  dalam kitab Shahih Muslim melalui Abu Hurairah Ra, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda

لأن أقول سبحان الله والحمد لله، ولاإله إلا الله، والله أكبر، أحب إلي مما طلعت عليه الشمس

Sesungguhnya kuucapkan kalimat, “Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaaha illallaaha wallahu akbar; Maha Suci Allah segala puji bagi-Nya, tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar, lebih aku cintai dari pada semua yang disinari oleh matahari.” (HR. Muslim)

Menurut Imam Nawawi sangat disunnahkan banyak-banyak berzikir dengan doa seperti diajarkan oleh Nabi dalam hadis di atas. Wallahu’alam.

Baca Juga :  Agar Doa Mustajab, Ini Amalan dari Syaikh Nawawi al-Bantani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here