Zikir yang Dipilihkan Allah untuk Para Malaikat-Nya

2
4105

BincangSyariah.Com – Setiap makhluk berzikir dengan caranya masing-masing sebagaimana ditetapkan oleh Allah Swt. Begitu pula malaikat. Imam Nawawi dalam Al-Azkar menyebutkan bahwa terdapat salah satu zikir yang paling Allah sukai yang Ia pilihkan untuk para malaikat-Nya.

Zikir tersebut termaktub dalam sebuah hadis di kitab Sunan Tirmidzi yang diriwayatkan oleh Abu Dzar Ra, ia mengatakan

قلت يا رسول الله أي الكلام أحب إلى الله تعالى؟ قال: ما اصطفى الله تعالى لملائكته: سبحان ربي وبحمده سبحان ربي وبحمده

Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, ucapan apa yang paling disukai oleh Allah?” Beliau menjawab, “Ucapan yang telah dipilohkan oleh Allah Swt untuk para malaikat-Nya, ‘Subhanallah rabbii wa bihamdihi subhana rabbii wa bihamdihi (Maha Suci Rabb-ku dan dengan memuji kepada-Nya, Maha Suci Rabb-ku dan dengan memuji kepada-Nya).” (HR. Tirmidzi)

Imam Tirmidzi mengatakan, predikat hadis ini hasan shahih. Al-Mubarakfury dalam Tuhfatul Ahwadzi menjelaskan bahwa Allah memilihkan kalimat tasbih tersebut untuk para malaikat-Nya sebab kalimat tersebut kalimat yang sangat disukai oleh Allah sehingga Dia menyuruh malaikat untuk selalu melafalkannya setiap waktu.

Sebab ketika bertasbih, berarti kita memuji kesuciaan-Nya sekaligus mengingkari kebalikkannya. Sehingga menurut Imam Nawawi, memperbanyak membaca kalimat tasbih setiap waktu dan keadaan sangat disunnahkan. Wallahu’alam.

Baca Juga :  Doa ketika Dirayu Wanita Agar Tak Tergoda

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here