Zikir yang Dipilihkan Allah untuk Para Malaikat-Nya

2
1318

BincangSyariah.Com – Setiap makhluk berzikir dengan caranya masing-masing sebagaimana ditetapkan oleh Allah Swt. Begitu pula malaikat. Imam Nawawi dalam Al-Azkar menyebutkan bahwa terdapat salah satu zikir yang paling Allah sukai yang Ia pilihkan untuk para malaikat-Nya.

Zikir tersebut termaktub dalam sebuah hadis di kitab Sunan Tirmidzi yang diriwayatkan oleh Abu Dzar Ra, ia mengatakan

قلت يا رسول الله أي الكلام أحب إلى الله تعالى؟ قال: ما اصطفى الله تعالى لملائكته: سبحان ربي وبحمده سبحان ربي وبحمده

Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, ucapan apa yang paling disukai oleh Allah?” Beliau menjawab, “Ucapan yang telah dipilohkan oleh Allah Swt untuk para malaikat-Nya, ‘Subhanallah rabbii wa bihamdihi subhana rabbii wa bihamdihi (Maha Suci Rabb-ku dan dengan memuji kepada-Nya, Maha Suci Rabb-ku dan dengan memuji kepada-Nya).” (HR. Tirmidzi)

Imam Tirmidzi mengatakan, predikat hadis ini hasan shahih. Al-Mubarakfury dalam Tuhfatul Ahwadzi menjelaskan bahwa Allah memilihkan kalimat tasbih tersebut untuk para malaikat-Nya sebab kalimat tersebut kalimat yang sangat disukai oleh Allah sehingga Dia menyuruh malaikat untuk selalu melafalkannya setiap waktu.

Sebab ketika bertasbih, berarti kita memuji kesuciaan-Nya sekaligus mengingkari kebalikkannya. Sehingga menurut Imam Nawawi, memperbanyak membaca kalimat tasbih setiap waktu dan keadaan sangat disunnahkan. Wallahu’alam.

Baca Juga :  Doa Tamu untuk Tuan Rumah yang Menghidangkan Makanan


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here