Zikir Pengganti Salat Tahiyatul Masjid

1
2685

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, ketika kita masuk masjid, kita dianjurkan untuk melaksanakan salat Tahiyatul Masjid. Ini dilakukan agar kita menghormati masjid dengan ibadah kepada Allah pada saat kita memasukinya. Jika kita tidak bisa melaksanakan salat Tahiyatul Masjid, baik karena hadas atau lainnya, maka kita dianjurkan untuk berzikir sebagai pengganti dari salat Tahiyatul Masjid.

Adapun zikir yang dimaksud adalah sebagai berikut;

سُبْحَانَ الله وَالْحَمْد لله وَلَا إِلَه إِلَّا الله وَالله أكبر وَلَا حول وَلَا قُوَّة إِلَّا بِاللَّه الْعلي الْعَظِيم

Subhanallah wal hamdulillah wala ilailaha illahu wallahu akbar wala hawla wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim.

Menurut ulama Malikiyah, Hanafiyah dan Syafiiyah, ketika kita tidak bisa melakukan salat Tahiyatul Masjid saat masuk masjid, maka kita dianjurkan untuk membaca zikir di atas sebanyak empat kali sebagai pengganti dari salat Tahiyatul Masjid. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab al-Fiqh ‘ala al-Mazahib al-Arba’ah berikut.

وإذا لم يتمكن من تحية المسجد لحدث أو غيره، فإنه يندب له أن يقول: سبحان الله، والحمد لله ولا إله إلا الله، والله أكبر أربع مرات، باتفاق ثلاثة من الأئمة

“Jika seseorang tidak memungkinkan melakukan salat Tahiyatul Masjid, baik karena hadas atau lannya, maka dia dianjurkan membaca; ‘Subhanallah wal hamdulillah wala ilailaha illahu wallahu akbar wala hawla wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim” sebanyak empat kali, sesuai kesepakatan tiga imam (Imam Malik, Imam Abu Hanifah dan Imam Syafii).’”

Hal ini sama ketika kita mendengar ayat sajdah namun kita tidak bisa melakukan sujud tilawah, maka kita dianjurkan untuk membaca zikir di atas sebanyak empat kali. Ini berdasarkan penjelasan yang disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Nihayatuz Zain berikut.

Baca Juga :  Doa Ketika Hendak Belanja di Toko Online

فَإِن لم يتَمَكَّن من فعلهَا لشغل قَالَ أَربع مَرَّات سُبْحَانَ الله وَالْحَمْد لله وَلَا إِلَه إِلَّا الله وَالله أكبر وَلَا حول وَلَا قُوَّة إِلَّا بِاللَّه الْعلي الْعَظِيم

“Jika seseorang tidak memungkinkan untuk melakukan sujud tilawah karena kesibukan, maka dia membaca; ‘Subhanallah wal hamdulillah wala ilailaha illahu wallahu akbar wala hawla wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here