Ketika Haji dan Umrah, Amalkan Ini Agar Tidak Tersesat dalam Perjalanan

1
1306

BincangSyariah.Com – Sering kita mendengar dari seseorang yang pernah melakukan haji dan umrah bahwa banyak di antara para jemaah haji yang tersesat dan tertinggal dari rombongannya sehingga tidak bisa kembali ke tempat penginapan atau asramanya. Tentu kejadian hal ini tidak diinginkan oleh semua orang.

Oleh karena itu, dalam kitab Al-Masalik fi Al-Manasik, Abu Manshur Muhammad Al-Karmani menyebutkan bahwa ada beberapa amalan yang perlu kita lakukan agar kita tidak tersesat dan tertinggal dari rombongan ketika kita sedang melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Pertama, ketika sedang berangkat untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah, maka kita membaca ayat ini sebanyak tiga kali;

اِنَّا للهِ وَاِنَّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji-‘uun.

Sesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kami kepada-Nya kembali.

Kedua, kemudian membaca doa berikut;

 بِسْمِ اللّهِ ذِي الشَّأْنِ عَظِيْمِ اْلبُرْهَانِ شَدِيْدِ السُّلْطِانِ كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِيْ شَأْنٍ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلاّ بِاللّهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

Bismillaahi dzisy sya’ni ‘adziimil burhaani syadiidis sulthooni kulla yaumin huwa fii sya’nin laa hwala walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.

Dengan menyebut nama Allah, yang selalu dalam kesibukan, yang agung bukti-bukti kebenaran-Nya, yang kuat kerajaan-Nya, setiap hari Dia dalam kesibukan. Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah, Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Baca Juga :  Baca Zikir Ini, Dosa Sebanyak Buih Lautan akan Dihapuskan

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here