Takut Kecelakaan dan Mati Mengerikan, Baca Doa Ini

0
1584

BincangSyariah.Com – Berbagai kecelakaan dan kematian yang mengerikan sudah banyak kita dapat lihat di berbagai media. Kecelakaan dan mati yang mengerikan memang tidak diharapkan, namun Allah tetap menakdirkan garisnya. Banyak hikmah yang bisa diambil dari banyak tragedy tersebut. Salah satunya adalah manusia menjadi kebih rajin berdoa sebelum  berpergian.

Salah satu doa yang diajarkan Rasulullah adalah doa ketika musibah datang silih berganti mewarnai kehidupan. Beliau mengingatkan betapa pentingnya berdoa untuk memohon perlindungan dari hal-hal yang menakutkan. Dari Abu Yasar yang pernah mendengar Rasulullah Saw. Berdoa demikian:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي ، وَالْهَدْمِ ، وَالْغَرَقِ ، وَالْحَرِيقِ ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا

Allahumma inni a’udzu bika minat taraddi wal hadami wal gharqi wal hariqi. Wa a’udzu bika an yatakhattabanis syaithan ‘indal mauti. Wa a’udzu bika fi sabilika mudbiran. Wa a’udzu bika an amuta ladighan.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari terjatuh dari tempat yang tinggi, dari tertimpa bangunan (termasuk terkena benturan keras dan tertimbun tanah longsor), dari tenggelam, dan dari terbakar. Aku juga berlindung kepada-Mu dari campur tangan syetan ketika akan meninggal. Aku juga berlindung kepada-Mu dari meninggal dalam keadaan lari dari medan perang. Aku juga berlindung kepada-Mu dari meninggal karena tersengat hewan beracun”

Begitulah amalan yang diajarkan oleh Rasulullah. Doa tersebut dibaca baiknya sebelum bepergian atau menaiki kendaraan yang beresiko tinggi. Misalnya ketika kita naik pesawat, kita percayakan keselamatan ini  pada pilot dan awak kabin yang bertugas. Namun jangan lupa berdoa kepada sang pemilik jagat raya ini, karena hanya Dialah sang pemilik segalanya dari ujung barat ke titik penghabisan dunia.

Baca Juga :  Hukum Salat Ghaib Untuk Jenazah yang Tenggelam

Namun ketika kita sudah berdoa dengan adab yang terbaik namun masih saja mengalami kecelakaan atau mati dalam keadaan yang mengerikan, setidaknya kita sudah melakukan amal yang diajarkan oleh Rasulullah dan dicatat amal saleh oleh malaikat. Karena hanya Allah yang bisa mengendalikan semua kecelakaan dan kematian yang mengarikan, jika semua itu terjadi mungkin itu memang yang terbaik menurut cara-Nya, bukan menurut cara manusia. Bukankah Allah berfirman dalam kitab-Nya:

وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here