Shalawat Tafrijiyah Agar Terhindar dari Kesedihan dan Kesulitan

3
6444

BincangSyariah.Com – Menjalani hidup di dunia tidak selalu diringi kemudahan dan kebahagiaan. Seringkali ujian dan cobaan dihadapkan pada manusia. Ujian datang terkadang untuk menguji manusia agar mampu untuk “naik kelas”. Terkadang untuk mengingatkan betapa hidup tidak selamanya berjalan sesuai dengan keinginan manusia. Atau bahkan untuk menyentil manusia agar selalu bersyukur kepada-Nya.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوفْ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الأَمَوَالِ وَالأنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan, dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah: 155)

Bahkan ujian terkadang hadir kepada manusia karena kecintaan Allah kepadanya. Sebagaimana yang disabadakan Nabi Muhammad:

إذا أحَبَّ اللهُ قومًا ابْتلاهُمْ

Jika Allah mencintai suatu kaum maka mereka akan diuji.” (HR. Ath-Thabrani)

Akan tetapi, Islam sebagai agama yang menggembirakan tidak mengajarkan umatnya untuk larut dalam kesedihan dalam menjalani sulitnya hidup. Karena kesulitan hadir beriringan dengan kemudahan. Surat al-Insyirah ayat 5 memberikan rambu-rambu ini.

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

maka sesungguhnya bersama kesulitan terdapat kemudahan.” (Al-Insyirah: 5)

Selain berusaha untuk menyelesaikan kesulitan dan tidak bersedih atas ujian yang dihadapi, Islam juga mengajarkan untuk berdoa agar terhindar dari kesedihan dan kesulitan. Salah satu amalan yang bisa diamalkan untuk terhindar dari kesedihan dan keluar dari kesulitan ialah membaca shalawat tafrijiyah.

Menurut Kiai Sholeh Darat dalam Minhaj al-Atqiya’ fi Syarhi Ma’rifat al-Adzkiya’ ila Thoriqil Auliya’, shalawat tafrijiyah dapat menghindarkan kita dari kesulitan dan kesedihan. Bahkan dapat mendatangkan rizki yang halal. Shalawat ini dianjurkan untuk dibaca 11 kali dalam sehari.

Dalam kehidupan umat Islam di Indonesia, shalawat ini lebih dikenal sebagai shalawat nariyah. Berikut bacaannya:

Baca Juga :  Doa Setelah Sholat Hajat

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taamman ‘ala sayyidina Muhammadini lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdho bihil hawaaiju wa tunaalu bihir roghoibu wa husnul khowatimi wa yustatsqol ghomaamu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihii fii kulli lamhatin wa nafasim bi’adadi kulli ma’luumil lak

Artinya:

Ya Allah Tuhan kami, limpahkanlah rahmat dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terlepas dengan (sebab) berkahnya segala macam ikatan (beban), dilepaskan dari segala kesusahan, dan dipenuhi segala macam kebutuhan, tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah, dicurahkan air hujan (rahmat) dengan (sebab) berkah pribadinya yang mulia. (dan rahmat dan keselamatan yang sempurna itu semoga Engkau limpahkan) juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak setiap pengetahuan bagi-Mu.

Semoga kita semua selalu dilimpahi kebahagiaan, kebaikan dan keberkahan di dunia maupun akhirat, amin. Wallahu a’lam bis shawab.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here