Setelah Membaca Surah Al-Ikhlas di Waktu Pagi dan Sore, Bacalah Doa Ini

0
2102

BincangSyariah.Com – Selain membaca dzikir, kita juga dianjurkan untuk membaca surah Al-Ikhlas di waktu pagi setelah shalat Shubuh. Begitu juga kita dianjurkan membaca surah Al-Ikhlas di waktu sore setelah shalat Ashar. (Baca: Bacaan Dzikir Sebelum Shalat Subuh Versi Syekh Nawawi Banten)

Terdapat beberapa keutamaan membaca surah Al-Ikhlas setelah shalat Shubuh, di antaranya adalah dijauhkan dari perbuatan dosa dan godaan setan. Ini berdasarkan hadis yang bersumber dari Ali bin Abi Thalib, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

من قرأ قل هو الله احد الى اخره بعد صلاة الفجر عشر مرات لم يصل اليه ذنب في ذلك اليوم وان جهد الشيطان

Barangsiapa yang membaca surah Al-Ikhlas setelah shalat Shubuh sebanyak sepuluh kali, maka ia akan terlindungi dari perbuatan dosa di hari tersebut, meski setan terus menggodanya.

Selain itu, Syaikh Al-Dairabi menyebutkan dalam kitab Fathul Malikil Majid menyebutkan bahwa membaca surah Al-Ikhlas di waktu pagi dan sore bisa menjadi sebab hajat cepat terkabul. Sebaiknya, membaca surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, kemudian membaca doa berikut;

بسم الله الرحمن الرحيم اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ لَيْسَ كَمِثْلِهِ اَحَدٌ لَا تُسَلِّطْ عَلَى اَحَدٍ ولَاَ تُحْوِجْنِيْ اِلَى اَحَدٍ وَاغْنِنِيْ يَا رَبِّ عَنْ كُلِّ اَحَدٍ بِفَضْلِ قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ يَا مَنْ هُوَ قَدِيْمٌ يَا دَائِمُ يَا حَيُّ ياَ قَيُّوْمُ يَا اَوَّلُ يَا اَخِرُ اِقْضِ حَاجَتِيْ يَا فَرْدُ يَا صَمَدُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bismillahir rohmaanir rohiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin, wa shollallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shohbihii wa sallam. Qul huwallaahu ahad, laisa kamitslihii ahad, laa tusallith ‘alaa ahad, walaa tuhwijnii ilaa ahad, waghninii yaa robbi ‘an kulli ahad, bifadhli qul huwallaahu ahad, yaa man huwa qodiim, yaa daa-imu yaa hayyu yaa qoyyumu yaa awwalu yaa aakhiru, iqdhi haajatii yaa fardhu yaa shomadu, wa shollallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shohbihii wa sallam.

Baca Juga :  Doa Agar Diberikan Hati yang Bersih

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya. Katakan bahwa Allah Esa, tidak ada seorang pun seperti Dia, jangan Engkau memberikan kekuasan pada seseorang, dan jangan Engkau pasrahkan aku pada seseorang, dan cukupkan aku, wahai Tuhanku, dari setiap orang melalui keutamaan ‘Qul huwallaahu ahad’.

Wahai Dzat Yang Qidam, wahai Dzat Yang Abadi, wahai Dzat Yang Hidup, wahai Dzat Yang Berdiri Sendiri, kabulkan hajatku (), wahai Dzat Yang Sendirian, wahai Dzat Tempat Bergantung. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here