Sering Alami Cobaan Berat dan Takdir Buruk, Baca Doa Ini

0
31406

BincangSyariah.Com – Pernahkah merasa lelah dan tak sanggup lagi dengan cobaan hidup yang berat dan takdir yang buruk? Ketahuilah bahwa ujian tersebut adalah sunnah kauniyah (ketetapan Allah yang pasti terjadi) bagi setiap muslim. Sehigga kita sebagai hamba-Nya tidak mungkin mengelak dari ujian tersebut.  Dengan tegasnya Allah berfirman dalam QS Ali Imran ayat 186:

لَتُبْلَوُنَّ فِي أَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا أَذًى كَثِيرًا وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu benar-benar akan mendengar dari orang-orang yang diberi al-Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan

Menurut Syaikh Abdurrahman As Sa’di, ayat tersebut menggambarkan Allah yang dengan tegasnya mengabarkan bahwa hamba-Nya akan diuji pada harta dan jiwa mereka. Ujian tersebut bisa melalui adanya perintah untuk mengeluarkan sebagian hartanya dan berbagai cobaan berat dan takdir yang buruk (tidak baik). Ayat tersebut merupakan ayat dimana Allah memberikan penekanan lafadznya dengan menggunakan lam qasam dan nun taukid, yang menunjukkan cobaan tersebut akan benar-benar terjadi.

Dengan begitu, perlu diketahui pula bahwa Allah mengirimkan berbagai cobaan dan takdir yang buruk bukan karena sifat Maha Penyayang-Nya yang hilang. Namun hanya untuk menguji, siapa diantara hamba-Nya yang paling banyak terdengar suara doanya dan baik amal perbuatanya (dalam keadaan lapang, maupun sempit). Sebab itu, apapun cobaan dan takdir yang digariskan, tetaplah kita berprasangka baik kepada Allah seraya berdoa meohon kekuatan kepada-Nya.

Baca Juga :  Doa Berada di Multazam

Dalam perihal menjalani berbagai cobaan yang berat dan takdir yang buruk, Rasulullah mengajarkan sebuah doa yang bisa kita panjatkan kepada sang Pencipta cobaan dan takdir. Diriwayatkan oleh Imam Bukhori, doanya adalah sebagai berikut:

الَّلُهُمَّ إِنِّي أَعُوذُبِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ وَ دَرَكِ الشَّقَاءِ وسُوْءِ القَضَاءِ وَ شَمَاتَةِ الُأَعْدَاءِ

Allahumma inni a’uudzu bika min jahdil balaa-i wa darokisy syaqoo-i wa suu-il qodhoo-i wa syamaatatil a’daa-i

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keadaan yang berat dan dari kesengsaraan dari keadaan yang beratn buruknya takdir dan kegembiraan musuh atas bencana yang menimpaku (HR. Bukhari)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here