Salawat Adrikni dan Mimpi Bertemu Rasulullah

5
22640

BincangSyariah.Com – Salawat Adrikni adalah salawat yang disebutkan oleh Syaikh Yusuf bin Ismail Annabhani dalam kitab Afdhalus Shalawat ‘ala Sayyidis Sadat. Salawat ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah untuk menghilangkan kesulitan dan kesusahan. Salawat ini diajarkan oleh Rasulullah kepada seorang mufti Syam bernama Hamid Affandi Alimadi di dalam mimpinya.

Dikisahkan oleh Ibnu Abidin dari gurunya Muhammad Syakir Aqqad dari Ahmad Alhalabi, dia bertutur bahwa pada suatu malam ada sebagian menteri Damaskus yang hendak menangkap mufti Syam Hamid Affandi Alimadi. Pada malam itu, dia merasa sangat kesulitan sekali. Lalu dia bermimpi melihat Rasulullah Saw.

Beliau menentramkan hatinya dan mengajarkan kepadanya sighat salawat ini (Adrikni). Beliau mengatakan bahwa barangsiapa yang membacanya, maka Allah akan menghilangkan kesulitannya. Ketika dia terbangun, lalu dibacanya salawat ini dan akhirnya kesulitannya hilang berkat Rasulullah Saw.

Adapun lafadz salawat Adrikni adalah sebagai berikut;

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَـدْ ضَاقَتْ حِيْلَــتِى أَدْرِكْـنِى يَارَسُوْلَ اللّـهِ

Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin qod dhoqot hilati adrikni ya rasulallah.

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada jungjungan kami, Nabi Muhammad. Sungguh sempit upayaku, temukanlah (tolonglah) aku, wahai Rasulullah.”

 

Baca Juga :  Ini Doa Abdullah bin Umar Pagi dan Sore Agar Berkah dan Selamat

5 KOMENTAR

  1. Mohon maaf, sy org awam..utk lafadz “awal” sholawat adrikni, yg betul gimana yahh?
    Sbab ada lafadz awal tulisan yg berbunyi ; “Asholaatu wassalaamu’alaik yaa sayyidi yaa rosulallahi”…
    Mohon pencerahan

  2. Yang saya tau sholawat Adriknii seperti ini
    Assholatu wassalamu ‘alaika wa ‘ala Alika yaa Syaidina yaa Rasullullah khudbiyadi qollat hilatii Adriknii. Beda dengan penjelasan yang di atas..
    Mohon koreksi nya yang benar yang mana
    Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here