Tata Cara Membaca Surah Yasin di Hari Rebo Wekasan

2
3156

BincangSyariah.Com – Hari Rebo Wekasan adalah istilah untuk hari rabu terakhir di bulan Safar. Menurut para ulama, pada hari Rabu terakhir bulan Safar, Allah menurunkan balak atau penyakit sebanyak 320.000. Untuk itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak melakukan ibadah, zikir, doa dan amalan baik lainnnya agar kita terhindar dan dilindungi oleh Allah dari balak tersebut.

Di antara amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Rabu Wekasan adalah membaca surah Yasin. Menurut para ulama, pembacaan surah Yasin pada hari Rabu Wekasan memilki cara tertentu. Berikut tata cara membaca surah Yasin di hari Rabu Wekasan.

Pertama, membaca surah Yasin. Kemudian setelah sampai pada ayat ‘Salamun qoulan mir robbir rohiim’, ayat ini diulang sebanyak 313 kali.

Kedua, setelah selesai membaca surah Yasin, kemudian membaca doa berikut;

اللَهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحمَدٍ صَلاَةٌ تُنْجيْنَا بِهَا مِنَ جَمِيْعَ الأهَوْاَلِ وَالأَفَاتِ وَتَقْضِي لَنَا بها جَمِيعَ الحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيّئاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَي الدَرَجَاتِ وَتُبَلّغُنَا بِهَا أَقْصَي الغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الخَيرَاتِ فِي الحَيَاةِ وَبَعْدَ المَمَاتِ برحمتك يا أرحم الراحمين

اَللَّهُمَّ اصْرِفْ عَنَّا شَرَّ مَايَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَخْرُجُ مِنَ اْلأَرْضِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allohumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad. Sholatan tunjina biha min jami’il ahwali wal afat. Wa taqdhi lana biha jami’al hajat. Wa tuthohhiruna biha jami’al hajat. Wa tuthohhiruna biha min jami’is sayyiat. Wa tarfa’una biha ‘indaka a’lad darojat. Wa tuballighuna biha aqshol ghoyat min jami’il khoirot fil hayati wa ba’dal mamat bi rohmatika ya arhamar rohimin.

Allohummashrif ‘anna syarro ma yanzilu minas sama’i wa ma yakhruju minal ardhi. Innaka ‘ala kulli syai’in qodir. Wa shollallahu ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Baca Juga :  Makna Ketika Kaki dan Tangan Berkata dalam Surah Yasin: 65

Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.

Ya Allah, palingkan dari kami keburukan yang turun dari langit dan keluar dari bumi. Sesungguhnya Engkau atas segala sesuatu Maha Kuasa. Semoga Allah limpahkan rahmat atas junjungan kami Nabi Muhammad, juga keluarga serta sahabatnya. Semoga Allah juga limpahkan keselamatan.

2 KOMENTAR

  1. “akhi, tolong titik bacaan al qur’annya dilengkapi
    jangan ada seperti lafaz kitab gundul karena kami kurang lancar baca al qur’an “

  2. Assalmualaikum wr. Wb… Saya suka sholawatnya tapi sy g tau semua bacaanx krn ada titikx yg kurang sperti kitab gundul mohon dilengkapi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here