Membaca Doa Istikharah Saat Sujud, Apakah Boleh?

0
19

BincangSyariah.Com – Umumnya, ketika kita melaksanakan shalat istikharah, kita akan membaca doa istikharah setelah melaksanakan shalat. Namun bagaimana jika doa istikharah tersebut kita baca pada saat sujud, apakah boleh? (Baca: Cara Istikharah bagi Perempuan Haid)

Membaca doa istikharah pada saat sujud hukumnya boleh. Tidak masalah doa istikharah dibaca pada saat sujud. Hal ini karena sujud merupakan tempat berdoa dalam shalat. Bahkan dalam sebuah hadis disebutkan bahwa doa pada saat sujud akan lebih diijabah oleh Allah.

Hadis dimaksud diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda:

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

Keadaan seorang hamba yang paling dekat dari Tuhannya adalah ketika dia sujud, maka perbanyaklah berdoa.

Menurut sebagian ulama, doa istikharah juga boleh dibaca setelah kita membaca tasyahud. Pada saat kita selesai membaca tasyahud, kita boleh langsung membaca doa istikharah, dan kemudian salam.

Hanya saja, meski doa istikharah boleh dibaca pada saat kita sujud, atau setelah kita membaca tasyahud, namun yang lebih utama adalah membacanya setelah kita melakukan shalat istikharah.

Ini disebabkan karena dalam sebuah hadis disebutkan bahwa ketika Rasulullah Saw mengajari para sahabat tentang shalat istikharah, beliau menyuruh agar membaca doa istikharah tersebut setelah selesai melaksanakan shalat.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

مَوْطِنُ دُعَاءِ الاِسْتِخَارَةِ: قَال الْحَنَفِيَّةُ، وَالْمَالِكِيَّةُ، وَالشَّافِعِيَّةُ، وَالْحَنَابِلَةُ: يَكُونُ الدُّعَاءُ عَقِبَ الصَّلاَةِ، وَهُوَ الْمُوَافِقُ لِمَا جَاءَ فِي نَصِّ الْحَدِيثِ الشَّرِيفِ عَنْ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  . وَزَادَ الشَّوْبَرِيُّ وَابْنُ حَجَرٍ مِنَ الشَّافِعِيَّةِ، وَالْعَدَوِيُّ مِنَ الْمَالِكِيَّةِ جَوَازَهُ فِي أَثْنَاءِ الصَّلاَةِ فِي السُّجُودِ، أَوْ بَعْدَ التَّشَهُّدِ

Tempat membaca doa istikharah: Ulama Hanafiyah, Malikiyah, Syafiiyah dan Hanabilah berkata; Doa istikharah dibaca setelah shalat, dan ini yang sesuai dengan teks hadis yang bersumber dari Rasulullah Saw. Imam Al-Syaubari dan Ibnu Hajar dari kalangan ulama Syafiiyah, dan Imam Al-‘Adawi dari kalangan ulama Malikiyah menambahkan bahwa boleh membaca doa istikharah pada saat melaksanakan shalat, yaitu pada saat sujud atau setelah membaca tasyahud.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here