Manfaat Berdoa Bagi Tubuh Kita

0
750

BincangSyariah.Com – British Journal of Health Psychology, sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa berdoa bisa mengurangi resiko terserang stres. Penelitian ini menemukan fakta bahwa seseorang akan cenderung merasa positif dan tidak tertekan jika berdoa di tempat ibadah. Hal ini terjadi karena ketika berdoa, kita akan merasa fokus terhadap diri sendiri, mencurahkan segala kegelisahan pada sesuatu yang kita anggap memiliki kekuatan penuh, dan akhirnya jiwa kita merasa aman, rileks dan damai.

Dengan demikian, berdoa tidak hanya dapat mengurangi stres mental, namun juga sangat bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh dan membantu meredakan reaksi emosional dan tekanan mental.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa penyakit kronis seperti diabetes, jantung, darah tinggi dan maag diyakini terjadi karena terlalu banyak stres. Menurut ahli terapi alternative seperti Ayurveda, stres merupakan alasan utama terjadinya penumpukan racun di dalam tubuh, yang tidak hanya menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes namun juga penyakit kanker.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania menemukan fakta bahwa berdoa bisa meningkatkan kadar dopamine atau hormon gembira di otak kita, sehingga hal ini berdampak pada kehidupan kita sehari-hari. Selain itu, berdoa membuat kita hidup dan bertahan lebih lama. Dengan meminimalkan efek buruk stres dan menaklukkan semua penyakit yang menyerang, berdoa dapat membantu kita hidup dan menua dengan lebih sehat.

 

Baca Juga :  Benarkah Doa di Antara Azan dan Iqamat Dikabulkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here