Mahasiswa Rantau, Bacalah Doa yang Dipanjatkan Rasulullah ketika Hijrah ke Madinah Ini

0
739

BincangSyariah.Com – Bagi anak rantau, baik mahasiswa atau pekerja, bacalah doa yang dipanjatkan Rasulullah ketika hijrah ke Madinah, berikut ini:

 رَبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا

Rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa akhrijnii mukhraja shidqin waj’al lii min landunka sulthaanan nashiiraa.

Artinya: “Ya Tuhan, masukkanlah aku dalam segala situasi dan kondisi dengan cara yang Engkau ridai dan dengan cara yang terhormat. Keluarkanlah aku dari mana saja dengan keridaan dan kemuliaan-Mu pula. Berikanlah kekuatan kepadaku, dari karunia-Mu, yang dapat membelaku.”

Ketika hijrah ke Madinah, sesungguhnya hati Rasulullah merasa sedih untuk meninggalkan Makkah. Karena itu, menurut Jalaluddin al-Suyuti dalam Tafsir Jalalain, dengan doa tersebut Rasulullah berharap agar diberikan kekuatan  meninggalkan kampung halamannya, agar hatinya tidak berpaling ingin kembali untuk sementara waktu. Namun di samping itu, beliau juga berharap agar dapat diterima dengan baik di tempat baru dengan ridha Allah Swt.

Doa ini bisa dipanjatkan oleh para perantau, baik yang menuntut ilmu atau mencari nafkah. Agar mampu bertahan dan betah di perantauan demi menunaikan kewajiban, serta agar diberikan kekuatan menahan beratnya rindu kampung halaman. Sebab saat ini, belajar merupakan jihadnya penuntut ilmu dan mencari nafkah jihad bagi para tulang punggung keluarga.

Wallahu’alam.

Baca Juga :  Doa Ketika Masuk Masjid di Hari Jumat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here