Lakukan Dua Hal Ini Ketika Akan Menempati Rumah Baru

3
69096

BincangSyariah.Com – Ketika menempati rumah baru, seseorang dianjurkan untuk melakukan dua hal ini sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah saw.

Pertama, berdoa. Barangsiapa yang menempati rumah baru, maka disunahkan baginya ketika memasuki rumah itu untuk mengucapkan doa berikut ini.

أعوذ بكلمات الله التامات من شر ما خلق

A’udzu bikalimatillahi al-taammaati min syarri maa khalaqa

Artinya: Aku berlindung dengan nama-nama Allah yang sempurna dari kejahatan sesuatu yang Dia ciptakan.

Anjuran berdoa ini berasal dari sabda Rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut.

عن خولة بنت حكيم رضي الله عنهما قالت: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: من نزل منزلاً ثم قال: أعوذ بكلمات الله التامات من شر ما خلق، لم يضره شيء حتى يرتحل من منزله ذلك.

Dari Khaulah Binti Hakim ra. Berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, ‘Barang siapa yang menempati rumah kemudian dia berkata a’udzu bikalimatillahi al-taammaati min syarri maa khalaqa, maka tidak ada sesuatu pun yang mencelakainya sehingga dia pergi dari rumahnya itu’”.

Doa ini juga berlaku untuk orang yang menginap saat bepergian, atau menempati rumah untuk bermukim lama di suatu tempat baik itu rumah milik sendiri atau sewa.

Selain doa di atas disunnahkan juga berdoa dengan doa berikut.

اللهم إني أسألك خير المولج وخير المخرج، باسم الله ولجنا، وباسم الله خرجنا، وعلى الله ربنا توكلنا

Allahumma innii asaluka khara al-maulaja wa khaira al-makhraja, bismillahi walajna bismillahi kharajna, wa ‘ala allahi rabbina tawakkalnaa

Artinya: Ya Allah aku memohon kepadamu sebaik-baiknya tempat masuk dan sebaik-baiknya tempat keluar, dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami berserah diri.

Baca Juga :  Lafal Takbir Idulfitri yang Diajarkan Rasulullah            

Doa di atas tidak khusus untuk saat menempati rumah baru dan memasukinya untuk pertama kali, akan tetapi hendaknya diucapkan setiap kali masuk rumah dan keluar.

Kedua. Ketika menempati rumah atau tempat tinggal baru disunahkan pula untuk membaca surah al-Baqarah untuk mengusir dan menjaga rumah tersebut dari keburukan dan setan yang terkutuk. Hal tersebut dilakukan karena Nabi mengatakan bahwa rumah yang tidak pernah dibacakan ayat Alquran seperti kuburan. Anjuran tersebut berdasarkan hadis berikut.

لا تجعلوا بيوتكم قبوراً، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

Artinya: Janganlah membuat rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surah al-Baqarah. (H.R. Muslim)

Anjuran membaca surah al-Baqarah ini sunnah dibaca baik ketika menempati rumah milik sendiri atau rumah sewaan.

Wallahu’alam.

 

3 KOMENTAR

  1. Admin.. Sepertinya ada kekeliruan dalam penulisan “من شر ما خلق”

    tapi min syarri laa khalaqa harusnya kan “syarri maa khalaq”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here