Kumpulan Doa-doa Haji dan Umrah

0
4873

BincangSyariah.Com – Haji/umrah dan doa merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dikatakan demikian karena hampir seluruh rangkaian ibadah haji/umrah pada dasarnya berisi doa-doa. Nabi Muhammad Saw mengajarkan kita untuk memperbanyak doa dan dzikir saat berhaji/berumrah.

Sebab dengan memperbanyak doa dan dzikir, ibadah haji mrah yang kita lakukan akan bertambah sempurna dan semakin khusyuk. Doa-doa dalam haji/umrah menurut para ulama terbagi dalam tiga kategori.

Pertama, doa-doa yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

Kedua, doa-doa yang dilakukan oleh para ulama.

Ketiga, doa-doa yang diformulasikan dan dipilih sendiri oleh para jamaah haji/umrah.

Adapun doa-doa haji dan umrah yang dituliskan oleh redaksi adalah kumpulan doa yang dibukukan oleh Imam Ghazali dalam Ihya Ulumuddin bab Haji dan Umrah.

Doa-doa yang dipanjatkan ketika berhaji/berumrah tidak diwajibkan untuk dihapal, tetapi cukup dengan dibaca. Mengingat panjangnya doa-doa yang mesti dibaca oleh para jamaah haji/umrah, maka sangat wajar kalau diperlukan panduan yang berisi doa-dzikir haji dan umrah.

Untuk memudahkan serta sebagai panduan ibadah haji dan umrah oleh pembaca sekalian, silakan baca di sini; kumpulan doa-doa haji dan umrah.

Baca Juga :  Doa Mohon Agar Selalu Diberi Kesabaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here