Ketika Membaca Ayat 7-10 dari Surah Al-Syams, Bacalah Doa Ini

0
857

BincangSyariah.Com – Membaca doa pada saat membaca ayat-ayat Al-Quran diperbolehkan, bahkan ada yang disunnahkan. Misalnya, berdoa untuk kebaikan pada saat membaca ayat-ayat rahmat, atau memohon dihindarkan dari keburukan pada saat membaca ayat-ayat adzab atau siksa.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Nasa-i berikut;

عَنْ حُذَيْفَةَ أَنَّهُ صَلَّى إِلَى جَنْبِ النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً فَقَرَأَ فَكَانَ إِذَا مَرَّ بِآيَةِ عَذَابٍ وَقَفَ وَتَعَوَّذَ وَإِذَا مَرَّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ وَقَفَ فَدَعَا وَكَانَ يَقُولُ فِى رُكُوعِهِ: سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ. وَفِى سُجُودِهِ: سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى

Diriwayatkan dari sahabat Hudzaifah ra. bahwa dia melakukan shalat malam di samping Rasulullah Saw. Kemudian beliau membaca surah ketika sampai pada ayat yang menerangkan azab, beliau berhenti dan meminta perlindungan dan ketika sampai pada ayat yang menerangkan rahmat beliau berhenti dan berdoa meminta rahmat, ketika rukuk beliau membaca ‘Subhana rabbiyal ‘adzimi,’ dan ketika sujud beliau membaca ‘Subhana rabbiyal a’la.

Adapun doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika membaca ayat 7-10 dari Al-Syams adalah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا وَخَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا،

Allohumma aati nafsii taqwaahaa anta waliyyuhaa wa mawlaahaa wa khoiru man zakkaahaa.

Ya Allah, berilah ketakwaan kepada jiwaku, sucikanlah jiwaku, Engkaulah yang menguasai dan yang menjaganya dan sebaik-baik Dzat yang menyucikannya.

Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Thabrani dari Ibnu Abbas, dia berkata;

كان رسول الله ﷺ إذا مر بهذه الآية: وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا وقف، ثم قال: اللهم آتِ نفسي تقواها، أنت وليها ومولاها، وخير من زكاها

Rasulullah Saw ketika melewati ayat ini ‘Wa nafsiw wamaa sawwaaha fa alhamahaa fujuuroha wa taqwaahaa’ beliau diam dan kemudian berkata; Allohumma aati nafsii taqwaahaa anta waliyyuhaa wa mawlaahaa wa khoiru man zakkaahaa (Ya Allah, berilah ketakwaan kepada jiwaku, sucikanlah jiwaku, Engkaulah yang menguasai dan yang menjaganya dan sebaik-baik Dzat yang menyucikannya).

Baca Juga :  Inilah Zikir dan Doa yang Dibaca Saat Ziarah Kubur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here