Ketika Melihat Bulan, Bacalah Surah Ini

0
1564

BincangSyariah.Com – Jika kita melihat bulan, kita dianjurkan untuk membaca surah Al-Falaq berikut;

بسم الله الرحمن الرحيم قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Bismillahirrahmanirrahim. Qul a’udzu bi robbil falaq; min syarri ma khloq; wa min syarri ghosiqin idza waqob; wa min syarrinnaffatsati fil ‘uqod; wa min syarri hasidin idza hasad.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah; Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai Shubuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki. (Baca: Surah al-Falaq dan an-Nas Dapat Menangkal Sihir, Ini Penjelasannya)

Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Tirmidzi, Al-Nasai dan Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak berikut;

عَن عَائِشَة رَضِي الله عَنْهَا أَن النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم نظر إِلَى الْقَمَر فَقَالَ يَا عَائِشَة اسْتَعِيذِي بِاللَّه من شَرّ هَذَا فَإِن هَذَا الغسق إِذا وَقب

Dari Sayidah-semoga Allah meridhainya-sesungguhnya Nabi Saw melihat pada bulan, kemudian beliau berkata; Wahai Aisyah, mintalah perlindungan kepada Allah dari keburukan bulan ini, sesungguhnya bulan ini adalah senja ketika gelap.

Dalam kitab Silahul Mukmin fi Al-Dua wa Al-Dzikr, Muhammad bin Muhammad Abu Al-Fatah menyebutkan bahwa hadis ini menjadi dasar kesunnahan membaca surah Al-Falaq ketika melihat bulan.

Baca Juga :  Doa Meminum Kopi Lengkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here