Kehilangan Buah Hati yang Didamba Akibat Keguguran, Baca Doa Ini

0
1251

BincangSyariah.Com – Menerima musibah keguguran yang digariskan dengan sabar tentu lebih baik daripada banyak berkata ‘seandainya’. Seandainya yang banyak diandai-andai oleh kebanyakan orang ketika mendapatkan musibah hanya menambah kesedihan dan merugikan keimanan terhadap takdir. Sedangkan sabar dan menerima apa yang telah dipilihkan dan ditakdirkan oleh-Nya, akan mendatangkan ketenangan pasca mendapatkan musibah keguguran.

Ada satu doa yang diajarkan Rasulullah yang diajarkan ketika mendapati musibah berupa meninggalnya sosok yang dicintai. Insyallah, jika dibaca dan dipahami, akan mendapatkan ganti yang lebih baik lagi. Dari Ummu Salamah, ia mendengar Rasulullah bersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا إِلاَّ أَجَرَهُ اللَّهُ فِى مُصِيبَتِهِ وَأَخْلَفَ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا ». قَالَتْ فَلَمَّا تُوُفِّىَ أَبُو سَلَمَةَ قُلْتُ كَمَا أَمَرَنِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَأَخْلَفَ اللَّهُ لِى خَيْرًا مِنْهُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-.

Siapa saja dari hamba yang tertimpa suatu musibah lalu ia mengucapkan:

“Inna lillahi wa inna ilaihi rooji’un. Allahumma’jurnii fii mushibatii wa akhlif lii khoiron minhaa

Artinya; Segala sesuatu adalah milik Allah dan akan kembali pada-Nya. Ya Allah, berilah ganjaran terhadap musibah ang menimpaku dan berilah ganti dengan yang lebih baik”,

Maka Allah akan memberinya ganjaran dalam musibahnya dan menggantinya dengan yang lebih baik.” Ketika, Abu Salamah (suamiku) wafat, aku pun menyebut do’a sebagaimana yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam perintahkan padaku. Allah pun memberiku suami yang lebih baik dari suamiku yang dulu yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Muslim)

Dalam kitab al Majmu, Imam Nawawi juga berkomentar doa ini juga bisa dibaca ketika kehilangan buah hati yang dinanti-nanti akibat keguguran. Dengan memanjatkan doa yang diajarkan Rasululah, semoga anak yang meninggal dalam perut (kandungan) bisa menjadi penghalang orang tuanya dari neraka dan semoga orang tuanya akan mendapatkan ganti yang lebih baik menurut versi terbaik-Nya….. selengkapnya silakan baca di BincangMuslimah.Com

Baca Juga :  Wajibkah Janin yang Mati Keguguran Dikafani dan Disalati?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here