Jika Menghadapi Hal yang Tidak Disenangi, Ucapkanlah Ungkapan Ini

0
789

BincangSyariah.Com – Hidup adalah keindahan jika kita pandai mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah. Lantas jika suatu hari kita melintasi jalur waktu yang menyesakkan dada dan pilu air mata, masihkan dikatakan dengan hidup adalah keindahan? Jawabannya adalah ya, bukankah sesak dada dan pilu air matamu lebih sedikit dibandingkan senyum dan tawa yang menghiasasi hari-harimu?

Sejenak kita merefresh diri dengan ayat-Nya dalam QS An Nahl ayat 18 yang berbunyi sebagai berikut:

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dalam Tafsir Jalalain disebutkan bahwa ayat tersebut menegaskan bahwa manusia tidak akan mampu menghitungnya, lebih-lebih untuk mensyukuri semua nikmat-Nya. Namun kekurangan dan kedurhakaan manusia masih Allah maafkan selagi mau bertaubat kepada-Nya.

Ketika kita mendapatkan sesuatu yang tidak disenangi, tetaplah menjaga prasangka yang baik kepada Allah. bukankah hanya Allah yang mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya? Allah telah membekali potensi dan nikmat yang jauh lebih besar, sehingga manusia pasti akan mampu melewati sesuatu yang tidak disenanginya tersebut dengan menggunakan potensi-potensi yang telah dianugerahkan Allah.

Dalam hal tersebut, rupanya Rasulullah membekali umatnya untuk tetap mengucapkan ucapan yang baik meskipun sedang mendapatkan sesuatu yang tidak disenangi. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, inilah ucapan yang dibaca ketika mendapatkan sesuatu yang tidak disenangi:

قَدَرُ اللهِ وَ مَا شَاءَ فَعَلَ

Qodarullah wa masyaa’a fa’al

“Allah sudah menakdirkan dan apa yang Dia kehendaki Dia lakukan.” (HR.Muslim)

Baca Juga :  Doa Ketika Mendengar Petir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here