Inilah Doa Favorit Nabi Muhammad SAW

0
2254

BincangSyariah.Com – Dari sekian banyaknya doa dalam al-Quran, doa dalam surat al-Baqarah ayat 201 menjadi salah satu doa yang sering dilantunkan Nabi. Ayat tersebut berbunyi:

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Dan diantara mereka ada yang berkata ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan selama di dunia dan akhirat, dan lindungilah kami dari adzab neraka”

Prof.Quraish Shihab menjelaskan dalam salah satu episode Shihab & Shihab, dari sekian banyak doa dalam al-Quran, tak satupun redaksi yang menggunakan kata “Yaa”. Tidak ada redaksi Yaa Rabbana, atau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia “Wahai Tuhan Kami”. Menurut Shihab, dalam etika berdoa sebaiknya tidak menggunakan “Wahai” karena bisa mengesankan bahwa Allah itu jauh dari kita. Seharusnya, ketika berdoa, mesti rasakan bahwa Allah dekat dengan kita. Menurut Shihab, sebaiknya kita mengganti kata “Yaa Rabbana” dengan kata “Rabbanaa”.

Selanjutnya, doa ini bermaksud untuk  memanggil Allah melalui nama-Nya dan sifat-Nya yang memelihara. “Yaa Allah kami bermohon padamu dalam kedudukanMu dan peliharalah kami”. Disambung dengan kata Aatina, yang artinya anugerahi kami. Tentunya, anugerah Allah luas di dunia juga di akhirat.

Tiga Kebaikan di Dunia

Yang pertama, iman, ia sebagai tonggak kehidupan manusia. Shihab menjelaskan semakin kita rajin membaca doa favorit Nabi ini, keimanan kita akan terjaga baik. Selanjutnya, ‘Afiat, seseorang akan terjaga kesehatan anggota tubuhnya sekaligus terpelihara dari dampak atau ancaman siksa Allah SWT. Mungkin, seseorang mampu membaca dengan baik, karena matanya sehat. Tetapi, jika  matanya digunakan untuk  maksiat, maka tidak akan ‘Afiat (sehat).

Yang terakhir, rizqun (harta), seseorang akan diberikan harta yang banyak dan memuaskan. Jika berdoa agar diberi harta yang banyak, namun tak memuaskan, tentunya akan sia-sia. Doa ini disebut-sebut doa sapu jagat karena ketiga hal ini mencakup dalam satu doa.

Baca Juga :  Doa Tawasul Kepada Nabi Agar Hajat Terkabul

Lima Ganjaran di Akhirat

Menurut Shihab, Allah akan memberikan lima kebaikan kepada manusia di akhirat kelak,

pertama, seseorang diberikan rasa aman ketika rasa takut akan mencekam.

Kedua, perhitungan yang mudah. Jika kita tercatat sebagai insan yang baik, tentu Allah tak akan memperhitungkan lagi semua amalan yang telah diperbuat.

Ketiga, ia akan mudah masuk surga.

Keempat, ia akan melihat wajah Allah.

Dan yang terakhir, ia akan memperoleh RidhaNya.

Lima hal ini telah mencakup segala sesuatu kebutuhan manusia. Ada satu kisah, seorang sahabat meminta doa kepada Nabi, lalu Nabi memberikan doa surat al-Baqarah ini. Sahabat langsung menjawab “apakah hanya ini Nabi?”, Nabi menjawab “lantas apalagi? Itu sudah mencakup semuanya. Doa ini akan memberikan Hasanah (kebaikan) di dunia pun di akhirat berupa rezeki yang baik, keturunan yang shaleh dan lainnya. Dan ia akan terhindar dari api siksa neraka.

Shihab menjelaskan ketika Nabi melakukan haji dan umroh selalu berdoa dengan ayat ini. Para manasik haji pun dianjurkan membaca ayat ini saat melakukan thawaf, sa’I, dan kegiatan lainnya. Dengan demikian, mari kita baca doa sapu jagat ini dengan rajin agar diberikan kebahagiaan dunia dan akhirat. Aaamin. Wallahu A’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here