Ini Niat Ketika Hendak Membeli Kendaraan Baru

0
21

BincangSyariah.Com – Dalam kitab Al-Niyyat, Sayid Muhammad bin Alawi bin Umar Al-Idrus menyebutkan bahwa niat membeli kendaraan baru itu perlu dilakukan. Niat membeli kendaraan baru yang dimaksud adalah sebagai berikut;

نَوَيْتُ اِظْهَارَ نِعَمِ اللهِ عَلَيَّ وَمُسَاعَدَةَ العَاجِزِيْنَ عَنْ ذَلِكَ وَتَعَيُّنَهُ فِي الخَيْرِ وَقَضاَءِ حَوَائِجِ النَّاسِ

Nawaitu izh-haaro ni’amillaahi ‘alayya wa musa’adatul ‘aajiziin ‘an dzaalika wa ta’ayyunahuu fil khoiri wa qodhooi hawaa-ijin naas.

Artinya:

Aku berniat (membeli mobil) untuk menampakkan nikmat Allah yang dikaruniakan kepadaku, untuk menolong orang-orang yang tidak mampu membeli, untuk digunakan dalam kebaikan dan untuk membantu memenuhi kebutuhan-kebutuhan orang lain.

Kemudian setelah membeli mobil atau kendaraan yang lain, maka dianjurkan untuk membaca doa berikut;

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْها اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ

Alloohumma baariklii fiihaa. Alloohumma innii as-aluka khoirohuu wa khoiromaa jubila ‘alaihi, wa a’uudzubika min syarrihii wa syarrimaa jubila ‘alaihi.

Artinya:

Ya Allah, berkahilah untukku di dalamnya (mobil yang dibeli). Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan sifat yang ada di dalamnya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan sifat yang ada di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa kendaraan kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Pemerintah sudah banyak menyediakan kendaraan umum yang layak dipergunakan, namun masih ada dan banyak yang merasa lebih nyaman dengan kendaraan pribadi. Karena itu tak heran jika ada segelintir orang yang berkeinginan membeli kendaraan pribadi untuk memenuhi kebutuhannya dan keluarganya.

Kendaraan yang dimaksudkan untuk hal kebaikan tentu akan menghasilkan manfaat dan ganjaran yang setimpal. Menginginkan hal yang terbaik untuk diri sendiri dan keluarga adalah hal yang lumrah, begitupun ketika dihadapkan dengan pilihan kendaraan jaman sekarang. Namun satu hal yang tidak perlu terlupakan adalah kebermanfaatan dan keberkahannya. Disinilah kita salah jika mengikutsertakan Allah dalam langkah ini.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here