Ini Doa Setelah Minum Air Versi Syaikh Ibnu Arabi

0
50

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, ketika kita hendak minum air, kita tidak hanya dituntut untuk memperhatikan kesucian dan kebersihan air yang hendak kita minum. Lebih dari itu, kita juga dituntut memperhatikan adab-adab ketika minum. Di antara adab-adab ketika minum adalah membaca basmalah sebelum minum dan membaca doa setelah selesai minum. (Baca: Doa Sahabat Ibnu Abbas Saat Meminum Air Zamzam)

Adapun doa setelah minum, menurut Syaikh Ibnu Arabi, adalah sebagai berikut;

سُبْحَانَكَ لَا عِلْمَ لَنَآ إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَآ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَلِيمُ ٱلْحَكِيمُ

Subhaanaka laa ‘ilma lanaa illaa maa ‘allamtanaa innaka antal ‘aliimul hakiim.

Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Doa ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Majmu’ah Ahzab wa Awrad Al-Syaikh Al-Akbar Ibnu Arabi berikut;

دعاء يقرأ بعد شرب الماء: سُبْحَانَكَ لَا عِلْمَ لَنَآ إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَآ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَلِيمُ ٱلْحَكِيمُ

Adapun doa setelah minum air itu; Subhaanaka laa ‘ilma lanaa illaa maa ‘allamtanaa innaka antal ‘aliimul hakiim (Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana). (Baca: Doa Meminum Air Zamzam yang Diajarkan Rasulullah Saw.)

Kemudian setelah membaca doa di atas, alangkah baiknya jika dilengkapi dengan doa berikut;

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Alhamdu lillahil ladzi ja’alahu ‘adzban furotan birohmatihi wa lamyaj’alhu milhan ujajan bidzunubina

Segala puji bagi Allah yang dengan rahmt-Nya telah menjadikan air ini segar dan menyegarkan. Dan tidak menjadikan air ini asin dan pahit karena dosa-dosa kami.

Makan dan Minum Sambil Berdiri 

Minum dan makan dalam Islam sangat dianjurkan untuk dilakukan sambil duduk. Hal ini karena kebiasaan Nabi Saw dan para sahabatnya adalah minum dan makan sambil duduk. Bahkan Nabi Saw suatu ketika menegur seorang sahabat yang kedapatan minum sambil berdiri. Dari Anas bin Malik, dia berkata:

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- زَجَرَ عَنِ الشُّرْبِ قَائِمًا

“Nabi Saw sungguh melarang dari minum sambil berdiri.”

Dalam kesempatan berbeda, Anas bin Malik mengisahkan larangan Nabi Saw kepada seorang sahabat yang minum sambil berdiri.

عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ نَهَى أَنْ يَشْرَبَ الرَّجُلُ قَائِمًا

“Dari Nabi Saw, sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri”.

Namun di samping itu, ada pula hadis yang menunjukkan bahwa Nabi Saw minum air zamzam sambil berdiri. Dalam hadis riwayat imam al-Bukhari dari Ibnu Abbas, dia berkata;

سَقَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ زَمْزَمَ فَشَرِبَ قَائِمًا

“Aku memberi minum kepada Rasulullah Saw dari air zamzam, lalu beliau minum sambil berdiri.”

Dalam hadis lain riwayat imam al-Timidzi dan Ibnu Majah disebutkan keadaan sahabat Nabi Saw makan sambil jalan dan minum sambil berdiri. Hadis tersebut dari Ibnu Umar, dia berkata;

كُنَّا نَأْكُلُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَنَحْنُ نَمْشِى وَنَشْرَبُ وَنَحْنُ قِيَامٌ

“Kami dahulu pernah makan di masa Nabi Saw sambil berjalan dan kami minum sambil berdiri.”

Pada hadis pertama dan kedua, Nabi Saw melarang minum sambil berdiri sedangkan hadis ketiga dan keempat menunjukkan kebolehan minum dan makan sambil berdiri. Dari keempat hadis ini para ulama, di ataranya Ibnu Hajar, berkesimpulan bahwa minum sambil berdiri diperbolehkan, meski yang lebih utama dan lebih baik adalah minum sambil duduk.

Larangan Nabi Saw kepada sahabat agar tidak minum sambil berdiri bertujuan untuk lit ta’dib, mendidik untuk melakukan yang lebih utama. Larangan tersebut bukan lit tahrim, karena haram.

Sedangkan makan sambil berdiri para ulama sepakat bahwa perbuatan tersebut tidak haram. Hanya saja lebih utama dan lebih baik adalah makan sambil duduk sepeti halnya minum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here