Ini Doa Nabi Saw Agar Umatnya Diselamatkan dari Adzab

0
2350

BincangSyariah.Com – Dalam banyak riwayat disebutkan bahwa Nabi Muhammad Saw merupakan pribadi yang pengasih dan penyayang kepada seluruh umatnya. Beliau sangat tidak berkenan jika umatnya sengsara, apalagi terkena adzab. Oleh karena itu, dalam banyak riwayat disebutkan bahwa Nabi Saw berdoa kepada Allah agar umatnya diselamatkan dari adzab, baik di dunia maupun di akhirat.

Di antara doa Nabi Saw agar umatnya diselamatkan dari adzab di dunia adalah sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ لَا تُرْسِلْ عَلَى اُمَّتِيْ عَذَابًا مِنْ فَوْقِهِمْ وَلاَ مِنْ تَحْتِ اَرْجُلِهِمْ وَلاَ تَلْبِسْهُمْ شِيَعًا

Allohumma laa tursil ‘alaa ummatii ‘adzaaban min fauqihim walaa min tahti arjulihima wala talbishum syiya’an.

Ya Allah, jangan Engkau kirim kepada umatku adzab dari arah atas mereka, dan juga jangan kirim adzab dari arah kaki mereka, dan jangan Engkau campurkan mereka dengan macam-macam golongan yang saling bertentangan.

Doa ini berdasarkan hadis riwayat Ibnu Mardawaih dari Ibnu Abbas, dia berkata;

لما نزلت هذه الاية: قل هو القادر على ان يبعث عليكم عذابا من فوقكم…الاية قال : فقام النبي صلى الله عليه وسلم فتوضأ ثم قال: اَللَّهُمَّ لَا تُرْسِلْ عَلَى اُمَّتِيْ عَذَابًا مِنْ فَوْقِهِمْ وَلاَ مِنْ تَحْتِ اَرْجُلِهِمْ وَلاَ تَلْبِسْهُمْ شِيَعًا

Setelah turun ayat ini ‘Qul huwal qoodiru ‘alaa ayyab’atsa ‘alaikum ‘adzaaban min fauqikum.. sampai akhir ayat. Ibnu Abbas berkata; Kemudian Nabi Saw berdiri dan melakukan wudhu, dan lalu beliau berdoa; Allohumma laa tursil ‘alaa ummatii ‘adzaaban min fauqihim walaa min tahti arjulihima wala talbishum syiya’an. (Ya Allah, jangan Engkau kirim kepada umatku adzab dari arah atas mereka, dan juga jangan kirim adzab dari arah kaki mereka, dan jangan Engkau campurkan mereka dengan macam-macam golongan yang saling bertentangan).

Baca Juga :  Baca Zikir Ini, Maka akan Ditanamkan Pohon Kurma Untuknya di Surga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here