Menjelang Awal Bulan Rajab, Ini Doa Menyambut Bulan Rajab 2020

1
5854

BincangSyariah.Com – Berdasarkan perhitungan kalender hijriah, awal Rajab tahun 1441 H jatuh bertepatan dengan 25 Februari 2020, sebagaimana dikutip dari Pengurus Wilayah Lembaga Falakiyah NU Jawa Timur. Bulan Rajab termasuk bagian dari bulan asyhurul hurum atau bulan-bulan mulia dalam Islam. Pada bulan ini kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, zikir dan doa kepada Allah. Selain itu, kita dijuga dilarang mengotori bulan ini dengan perbuatan yang munkar dan maksiat kepada Allah. Karena itu, agar pada bulan Rajab kita diberi taufiq untuk mengisinya dengan ibadah dan amal shaleh, maka kita dianjurkan menyambut bulan Rajab dengan membaca doa sebagaimana yang dibaca oleh Syaikh Abdul Qadir al-Jilani pada malam pertama bulan Rajab berikut;

إِلَهِيْ تَعَرَّضَ لَكَ فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ الْمُتَعَرِّضُوْنَ وَقَصَدَكَ فِيْهِ الْقَاصِدُوْنَ وَأَمَّلَ فَضْلَكَ وَمَعْرُوْفَكَ الطَّالِبُوْنَ، وَلَكَ فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ نَفَحَاتٌ وَجَوَائِزٌ وَعَطَايَا وَمَوَاهِبٌ، تَمُنُّ بِهَا عَلَى مَنْ تَشَاءُ مِنْ عِبَادِكَ، وَتَمْنَعُهَا مِمَّنْ لَمْ تَسْبِقْ لَهُ الْعِنَايَةُ مِنْكَ. وَهَا أَنَا عَبْدُكَ الْفَقِيْرُ إِلَيْكَ، اَلْمُؤَمِّلُ فَضْلَكَ وَمَعْرُوْفَكَ، فَإِنْ كُنْتَ يَامَوْلَايَ تَفَضَّلْتَ فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ عَلَى أَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ وَجُدْتَ عَلَيْهِ بِعَائِدَةٍ مِنْ عَطْفِكَ، فَصَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ، وَجُدْ عَلَيَّ بِطَوْلِكَ وَمَعْرُوْفِكَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Ilahi ta’arradha laka fi hazihil lailatil muta’arridhun wa qoshodaka fihil qoshiduna wa ammala fadhlaka wa ma’rufakat tholibun wa laka fi hazihil lailati nafahatun wa jawa-izun wa ‘athoya wa mawahibun, tamunnu biha ‘ala man tasya-u min ‘ibadika wa tamna’uha mimman lam tasbiq lahul ‘inayatu minka, wa ha ana ‘abdukal faqiru ilaikal muammilu fadhlaka wa ma’rufaka fain kunta ya maulaya tafadhdhalta fi hazihil lailati ‘ala ahadin min kholqika wa jutta ‘alaihi bi ‘a-datin min ‘athfika, fa sholii ‘ala muhammadin wa alihi wa jud ‘alayya bi thoulika wa ma’rufika ya robbal ‘alamin. (Baca: Dianjurkan Baca Istighfar Pagi dan Sore Selama Bulan Rajab)

Baca Juga :  Kiai Shaleh Darat Ajarkan Bacaan Tasbih yang Dibaca di Bulan Rajab

“Wahai Tuhanku, pada malam ini orang-orang yang berpaling (dari rahmat-Mu) telah berpaling, orang-orang yang mempunyai tujuan telah datang (pada-Mu), dan para pencari telah mengharap anugerah dan kebaikan-Mu. Pada malam ini, Engkau mempunyai tiupan rahmat, piagam-piagam penghargaan, aneka macam pemberian  dan  anugerah. Engkau berikan semua itu terhadap hamba-hamba-Mu yang Engkau kehendaki. Dan Engkau tidak memberikannya terhadap orang yang tidak memperoleh pertolongan dari-Mu.

Inilah aku, hamba-Mu yang sangat berharap pada-Mu, berharap anugerah dan kebaikan-Mu. Apabila Engkau, wahai Tuan kami, telah mengemukakan anugerah-Mu di malam ini terhadap seseorang dari makhluk-Mu, dan Engkau berikan kebaikan padanya dengan berbagai sambungan kelembutan-Mu, maka anugerahkan rahmat atas Nabi Muhammad Saw beserta keluarganya. Berikanlah atasku dengan kekayaan dan kebaikan-Mu, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Doa ini disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds dalam kitab Kanzun Najah was Surur fil Ad’iyah al-Lati Tasyrohus Shudur.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here