Ini Doa Agar Dapat Menjalani Puasa Bulan Ramadan dengan Baik

0
865

BincangSyariah.Com – Bulan Ramadan adalah  bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah. Bulan Ramadan juga merupakan bulan yang paling dirindukan oleh umat Muslim. Bukan hanya karena ada malam yang lebih indah dari seribu bulan, melainkan juga banyak keindahan-keindahan lain yang tidak ditemui selain pada bulan Ramadan. Misalnya fenomena setan yang dibelenggu, sehingga membuat umat Muslim bersemangat terus dalam beribadah dan memohon ampunan Allah. Dalam hadis riwayat Bukhari No. 1899 dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ، وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Jika bulan Ramadhan tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan setan-setan dibelenggu

Ramadan yang memiliki sejuta keindahan membuat setiap jiwa ingin terus memiliki kesempatan berjumpa dengannya. Namun kenyatannya, tidak semua manusia bisa berjumpa dan menikmati keindahan bulan Ramadan. Manusia bisa saja menemui ajalnya sehari sebelum Ramadan, atau manusia belum meninggal namun kondisi sedang kritis sehingga tidak bisa menjalankan ibadah bulan Ramadan dengan sempurna.

Ketetapan tersebut tetap ada dalam genggaman Allah, namun kita bisa terus memohon dalam setiap doa untuk bisa berjumpa dengan bulan Ramadan tersebut. Tidak hanya berjumpa dengan bulan Ramadan, tetapi juga berhasil menjalani rangkaian ibadah bulan Ramadan dengan baik dan sempurna. Dalam kitab Lathaif Al Ma’arif  disebutkan sebuah doa untuk hal tersebut. Lafal doa tersebut adalah sebagi berikut:

اللهم سلمني الى رمضا ن وسلم لي رمضان وتسلمه مني متقبلا

Allahumma sallimni ila Ramadan, wa sallim li Ramadan, wa tslimhu minni mutaqabbala

Ya Allah selamatkanlah aku (agar bisa berjumpa) dengan Ramadan, selamatkanlah aku (agar berhasil) menjalani Ramadan, dan terimalah amalku

Baca Juga :  Doa Imam Syafii Agar Terhindar dari Segala Bentuk Penyakit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here