Ini Cara Niat Puasa Muharram Lengkap, Bertepatan 20 Agustus 2020

1
19467

BincangSyariah.Com – Muharram merupakan bulan pertama hijriah. Bulan ini menandakan tahun baru Islam yang diperingati setiap 1 Muharram.

Pada tahun 2020 ini, 1 Muharram 1442 H jatuh pada hari Kamis, 20 Agustus 2020. Namun, penanggalan hijriah diawali setelah matahari terbenam. Oleh karena itu, pergantian tahun baru Islam akan dimulai sejak Rabu, tanggal 19 Agustus 2020. Tepatnya usai Magrib di hari Rabu.

Pada Rabu Magrib tanggal 20 Agustus 2020 tersebut, kita dianjurkan memohon pada Allah. Ini sebagai bentuk rasa syukur kita pada-Nya. Selain itu, kita berharap agar tahun baru hijriah nanti membawa spirit kebaikan untuk hidup kita. Terlebih lagi, tahun baru Islam kali ini bertepatan dengan bulan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Sebelum Subuh di hari Kamis, kita dianjurkan melakukan puasa sunnah Muharram. (Baca: Tahun Baru Islam 1 Muharram Jatuh pada 20 Agustus 2020, Baca Doa Ini)

Berikut ini beberapa niat puasa Muharram. Puasa sunah yang bisa dilakukan di bulan ini adalah puasa sunah sepuluh hari pertama di bulan Muharam, puasa di hari kesembilan (taasu’aa), hari kesepuluh (‘aasyura’), hari kesebelas, puasa Senin dan Kamis, puasa tiga hari di pertengahan bulan (13, 14, 15 Muharam).

Namun, yang akan kami sampaikan pada artikel kali ini hanyalah niat-niat puasa yang hanya ada di bulan Muharam saja.

  1. Niat puasa sepuluh hari di bulan Muharam

Niat ini tidak terbatas di sepuluh hari pertama di bulan Muharam saja, tapi juga di semua hari di bulan Muharam dapat menggunakan niat ini. Lafal niatnya adalah,

نَوَيْتُ صَوْمَ مُحَرَّمٍ سُنَّةً لِلهِ تَعَالى

“Saya niat berpuasa Muharam, sunah karena Allah Ta’ala

2.    Niat puasa hari kesembilan

Niat puasa di hari kesembilan mirip dengan niat di bulan Muharam, hanya tinggal mengganti kata muharamin dengan taasu’aa yang berarti kesembilan. Lafal niatnya adalah,

Baca Juga :  Doa Setelah Shalat Witir Sesuai Tuntunan Sunah Nabi

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُوْعَاءَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالى

“Saya niat berpuasa hari kesembilan (di bulan Muharam), sunah karena Allah Ta’ala

3.    Niat puasa hari kesepuluh

Hari kesepuluh yang disebut dengan puasa Asyura telah kami bahas kesunahannya. Niat puasa di hari Asyura mirip dengan niat di bulan Muharam, hanya tinggal mengganti kata taasu’aa yang berarti kesembilan dengan ‘aasyuraa’. Lafal niatnya adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُوْرَاءَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالى

“Saya niat berpuasa hari kesepuluh (di bulan Muharam), sunah karena Allah Ta’ala

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here