Ini Cara Niat Mandi Sunah Salat Jumat dan Keutamaannya

1
9021

BincangSyariah.Com – Mandi untuk menghadiri salat Jumat itu termasuk aktivitas yang sangat disunahkan. Bahkan seseorang yang tidak sempat melakukan mandi Jumat disunahkan menggantinya dengan wudu. Adapun niat mandi sunah salat Jumat adalah sebagai berikut.

نويت الغسل لحضور صلاة الجمعة سنة لله تعالى

Nawaitul ghusla li hudhuri shalatil Jum‘ati sunnatan lillahi ta‘ala

Saya niat mandi sunah untuk menghadiri salat Jumat karena Allah Swt.

Terkait keutamaan melakukan mandi sunah Jumat, Syekh Abu Bakar Syatha dalam I’anatut Thalibin mengutip beberapa hadis mengenai keutamaan melakukan mandi Jumat.

عن ابن عمر وأنس بن مالك – رضي الله عنهم – قالا: قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم -: إن تحت العرش مدينة – وقال القرطبي في تفسيره سبعين مدينة – مثل الدنيا سبعين مرة، مملوءة من الملائكة كلهم يقولون: اللهم اغفر لمن اغتسل يوم الجمعة وأتى الجمعة.

Diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar dan Anas bin Malik yang menceritakan bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, “Di bawah Arasy itu terdapat sebuah kota. Dalam tafsir al-Qurtubi disebutkan terdapat tujuh puluh kota yang kota tersebut seukuran tujuh kali besarnya dunia yang dihuni malaikat. Semua malaikat itu berdoa, “Ya Allah, ampunilah orang yang mandi pada hari Jumat dan menghadiri salat Jumat.

Dalam kutipan lain, Syekh Abu Bakar Syatha mengutip hadis berikut.

وقال – صلى الله عليه وسلم -: إن الغسل يوم الجمعة ليسل الخطايا من أصول الشعر استلالا. رواه الطبراني.

Nabi saw. bersabda, “Mandi pada hari Jumat itu benar-benar merontokkan dosa-dosa kecil dari pori-pori (kulit) rambut.

 

Baca Juga :  Ini Waktu Terbaik Melakukan Mandi Jumat


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here