Ini Bacaan Shalawat Agar Kuat Menghadapi Kesulitan

0
61

BincangSyariah.Com – Setiap orang pasti pernah mengalami kesulitan hidup. Dalam kehidupan, selalu ada kesulitan dan kemudahan. Jika kita mampu melewati kemudahan hidup dengan baik, mengapa kita tak bisa melewati kesulitan hidup dengan baik pula? Seharusnya juga kita harus kuat menghadapi kesulitan.

Islam mengajarkan jalan keluar bagi kesulitan hidup yang dialami manusia, terutama umat Islam. Dalam setiap kesulitan, pasti ada jalan keluarnya. Berikut adalah beberapa cara untuk menghadapi kesulitan sesuai dengan anjuran dalam ajaran agama Islam. Di antaranya kita dianjurkan membaca shalawat agar kuat menghadapi kesulitan.

Dalam kitab Abwab Al-Farj, Sayid Muhammad bin Alwi Al-Maliki menyebutkan beberapa redaksi shalawat atas Nabi Saw, di antaranya adalah shalawat Al-Farj untuk agar kita kuat menghadapi kesulitan. Redaksi shalawat Al-Farj ini adalah sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ صَلَاةَ عَبْدٍ قَلَّتْ حِيْلَتُهُ وَ رَسُوْلُ اللهِ وَسِيْلَتُهُ وَ أَنْتَ لَهَا يَا إِلَهِيْ وَ لِكُلِّ كَرْبٍ عَظِيْمٍ فَفَرِّجْ عَنَّا مَا نَحْنُ فِيْهِ بِسِرِّ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Allohumma sholli wa sallim wa baarik ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shohbihii sholaata ‘abdin qollat hiilaatuhuu wa rosulullaahi wasiilatuhuu wa anta lahaa ilaahii wa likulli karbin ‘azhiimin fa farrij ‘annaa maa nahnu fiihi bisirri bismillaahir rohmaanir rohiim.

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berikanlah keberkahan kepada jungjungan kami, Nabi Muhammad, juga keluarganya dan seluruh sahabatnya, melalui doa seorang hamba yang sedikit upayanya dan Rasulullah adalah wasilahnya, dan Engkau adalah pemilik doa itu, wahai Tuhanku, dan pemilik semua kesulitan yang besar, maka dari itu lapangkanlah apa yang menimpa diri kami dengan rahasia ‘bismillaahir rohmaanir rohiim.’

Disebutkan bahwa barangsiapa yang membaca shalawat ini kapan saja dan tanpa dibatasi jumlah tertentu, maka dia akan diberi kekuatan dan daya oleh Allah untuk menghadapi kesulitan yang menimpanya.

Alangkah baiknya jika setelah membaca shalawat ini dilanjutkan membaca Hizb Al-Nawawi. Maka jika keduanya dibaca, maka akan lebih utama dan lebih mujarrab.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here