Ini Bacaan Ketika Duduk di Antara Dua Sujud Sahwi

0
64

BincangSyariah.Com – Selain dua sujud dalam setiap rakaat shalat, terdapat pula sujud yang dilakukan di akhir shalat sebelum salam karena sebab tertentu, yaitu yang disebut dengan sujud sahwi. Dalam kitab Al-Fiqh Al-Manhaji disebutkan bahwa sujud sahwi adalah sujud dilakukan karena terjadi kesalahan dalam pelaksanaan shalat, baik disengaja atau lupa, sehingga kesalahan tersebut perlu diperbaiki dengan cara sujud sahwi.

Adapun tata cara sujud sahwi sama dengan tata cara sujud dalam shalat, yaitu berjumlah dua sujud, dan dipisah dengan duduk iftirasy di antara dua sujud tersebut. Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim dari Abdullah bin Buhainah Al-Asadi, dia berkata;

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ فِي صَلَاةِ الظُّهْرِ وَعَلَيْهِ جُلُوسٌ فَلَمَّا أَتَمَّ صَلَاتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ فَكَبَّرَ فِي كُلِّ سَجْدَةٍ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ

Sesungguhnya Rasulullah Saw berdiri dalam shalat Dzuhur padahal beliau belum duduk (tasyahud awal). Kemudian setelah beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud ini sebelum beliau melakukan salam.

Begitu juga bacaan ketika duduk di antara dua sujud sahwi, dzikirnya sama dengan dzikir ketika duduk di antara dua sujud shalat. Yaitu;

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa ‘aafinii wa’fu ‘annii.

Ya Tuhanku, ampunilah aku, kasihanilah aku, benarkanlah aku, angkatlah derajatku, karuniakanlah aku rezeki, berikan aku petunjuk, sehatkanlah aku, dan maafkanlah aku.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Nihayatuz Zain berikut;

ﻗﺎﻝ اﻷﺫﺭﻋﻲ ﻭﺫﻛﺮ اﻟﺠﻠﻮﺱ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﻛﺬﻛﺮ اﻟﺠﻠﻮﺱ ﺑﻴﻦ ﺳﺠﺪﺗﻲ اﻟﺼﻼﺓ

Imam Al-Adzru’i berkata; Dzikir ketika duduk di antara dua sujud sahwi sama seperti ketika duduk di antara dua sujud shalat.

Dengan demikian, tidak ada bacaan khusus ketika duduk di antara dua sujud sahwi, dzikirnya sama dengan dzikir ketika duduk di antara dua sujud shalat. Ini berbeda ketika sujud sahwi, maka ia memiliki bacaan khusus yang berbeda dengan bacaan dua sujud shalat, sebagaimana telah banyak diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here