Hukum Mendoakan Teman Selamat Jumat Berkah Atau Jumat Mubarokah

0
16

BincangSyariah.Com – Ketika malam Jumat tiba, banyak di antara teman-teman kita yang mengucapkan selamat. Biasanya ucapan yang sering diucapkan adalah ‘Selamat Jumat Berkah’. Sebenarnya, bagaimana hukum mengucapkan selamat di hari Jumat dengan ucapan Selamat Jumat Berkah dan lainnya, apakah boleh?

Mengucapkan ‘Selamat Jumat Berkah’ dan sejenisnya di hari Jumat hukumnya boleh. Dalam Islam, hari Jumat merupakan sayyidul ayyam atau penghulu segala hari dan hari raya bagi kaum muslim, sehingga tidak masalah jika kita menyambutnya dengan gembira melalui ucapan selamat dan lainnya.

السؤال: ما حكم التهنئة أو الدعاء بيوم الجمعة واستخدام عبارة: جمعة مباركة؟

الجواب:الإتيان بتهنئة أو دعاء لم يرد عن النبيّ صلى الله عليه وسلم ليس ممنوع شرعاً، بل هو من الأمور المباحة في ديننا إن لم يكن فيهما ما يخالف الشرع، فلا يشترطُ في كلِّ دعاء أن يرد به نصّ عن النبيّ صلى الله عليه وسلم، بل ورد الدعاء من القرآن الكريم والسنة النبوية المطهرة مطلقاً من أي قيد، قال تعالى: وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ} فلا حرج في أي صيغة أو تخصيصها بوقتٍ أو زمانٍ معين، ولا يجوز وصف ذلك بالبدعة أو بالحرمة لاندراجه تحت أصل الدعاء العام، ومن جملة هذه الأدعية الدعاء للآخر بأن تكون جمعته مباركة أو طيبة، ويقصد بذلك أن يبارك الله له في هذه الجمعة، مع كون هذا اليوم يوماً مباركاً.

Pertanyaan: Bagaimana hukum mengucapkan selamat atau doa di hari Jumat dengan ucapan ‘Jumat Berkah’?

Jawaban: Mengucapkan selamat atau doa yang tidak datang langsung dari Nabi Saw hukumnya tidak dilarang secara syara’. Bahkan hal itu termasuk hal-hal yang mubah dilakukan dalam agama kita jika di dalamnya tidak ada yang bertentangan dengan syariat. Dalam setiap doa tidak disyaratkan harus datang langsung dari Nabi Saw, bahkan doa datang melalui Al-Quran dan sunnah Nabi Saw secara mutlak, tanpa batasan.

Allah berfirman: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Maka tidak masalah mengucapkan selamat atau doa dengan bentuk ucapan apa saja, atau mengkhususkannya dengan waktu dan hari tertentu, dan tidak boleh menilai itu sebagai bid’ah dan haram karena itu masih berada dalam cakupan doa yang umum. Termasuk bagian doa kepada orang lain adalah ucapan ‘Jumat Berkah, Jumat Baik’ dan itu dimaksudkan agar dia diberkahi di hari Jumat, selain itu hari Jumat merupakan hari yang diberkahi.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here