Doa yang Dibacakan Ibrahim untuk Ismail dan Ishak

0
2495

BincangSyariah.Com – Mendoakan buah hati setiap pagi, sore atau setiap sebelum tidur, guna memohon perlindungan dan keselamatan mereka merupakan sebuah kesunnahan yang dianjurkan dalam Islam. Sebagaimana Rasulullah mendoakan Hasan dan Husein setiap waktu. Berikut doa yang selalu dilantunkan Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

ابن عباس رصي الله قال كان النبي صلى الله عليه وسلم يعود الحسن والحسين ويقول: إن أباكم كان يعود بها اسماعيل واسحاق: أعود بكلمات الله التامة من كل شيطان وهامه ومن كل عين لامة

Abdullah bin Abas berkata, “Nabi saw. meminta perlidungan (semoga selalu dijaga oleh Allah Taala kepada) Hasan dan Hussin beliau berkata, “Sesungguhnya bapamu (Ibrahim berdoa) minta perlidungan dari Allah Taala dengan doa ini kepada Ismail dan Ishak. Dengan doa:

أعود بكلمات الله التامة من كل شيطان وهامه ومن كل عين لامة

 A’udzu bikalimatillahi at-tammati min kulli syaithan wa haamihi wa min kulli ‘ainin laamah

Artinya: Aku berlindung dengan kalimah-kalimah Allah yang sempurna (Alquran, Nama-NamaNya dan Sifat-SifatNya)  dari segala ancaman setan dan segala binatang berbisa dan segala kejahatan mata.

Nabi Muhammad mendoakan Hasan-Husein dengan doa yang selalu Nabi Ibrahim lantunkan untuk memohon perlindungan bagi Ismail dan Ishak. Dari sini terlihat bagaimana Rasulullah meneladani Nabi Ibrahim yang sungguh sangat mencintai anak-anaknya.

Inilah doa yang dibacakan para Nabiyullah untuk anak-anak mereka, agar sang buah hati senantiasa selalu dalam lindunganNya. Berdasarkan hadis di atas ulama berpendapat bahwa mendoakan buah hati adalah sebuah kesunnahan.

Baca Juga :  Doa Memejamkan Jenazah dengan Mata Terbelalak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here