Doa yang Diajarkan Nabi Kepada Abu Bakar

0
321

BincangSyariah.Com – Sejarah Islam mencatat bahwa Abu Bakar r.a. adalah seorang laki-laki yang sangat dekat dengan Nabi saw. Bahkan ia adalah salah satu orang yang pertama kali masuk Islam dari kalangan laki-laki dewasa. Tidak hanya menjadi sahabat Nabi saw. Abu Bakar juga adalah mertua Nabi saw. setelah putrinya Aisyah r.a. dinikahi Nabi saw.

Oleh karena kedekatan dengan Nabi saw. tersebut, Abu Bakar r.a. pernah meminta kepada Nabi saw. agar diajarkan sebuah doa yang dapat ia baca ketika di dalam shalat.

عَنْ أَبِى بَكْرٍ الصِّدِّيْقِ أَنَّهُ قَالَ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلِّمْنِىْ دُعَاءً أَدْعُو بِهِ فِيْ صَلاَتِيْ قَالَ: قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى ظُلْمًا كَثِيرًا وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ فَاغْفِرْ لِى مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِى إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ.  رواه الترمذي.

Dari Abu Bakar Ash-Shiddiq, bahwasannya ia berkata pada Rasulullah saw., “Ajarilah aku sebuah doa yang dapat aku baca di dalam shalatku.” Beliau menjawab, “Bacalah Allahumma Inni Dzalamtu Nafsi Dzulman Katsiran wala yaghfirudz dzunuba illa anta faghfirli maghfiratan min indika war hamni inna antal ghafuurur rahiim/ ya Allah sungguh aku telah mendzalimi diriku dengan kedzliman yang banyak. Dan Engkaulah yang dapat mengampuni dosa-dosa, maka berikanlah untuku ampunan dari Mu, dan kasihanilah aku. Sungguh Engkau adalah Maha Pengampun lagi Maha penyayang.” (HR. At-Tirmidzi).

Doa yang diajarkan Nabi saw. kepada Abu Bakar r.a. tersebut dibaca setelah membaca bacaan tasyahud akhir dan sebelum salam. Sebuah doa tentang pengakuan dosa seorang hamba kepada Allah, dan permohonan ampunan dan rahmat kepada Nya. Semoga kita dapat mengamalkannya. Aamiin. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here