Doa untuk Orang yang Memberikan Sebagian Hartanya

0
1062

BincangSyariah.Com – Memberikan sebagian harta kepada orang yang lebih membutuhkan adalah sikap baik yang telah mengamalkan anjuran Allah. Memberikan sebagian harta bukan berarti kita sengaja mengurangi dan merasa tidak butuh akan harta tersebut, melainkan munculnya kesadaaran diri bahwa ada amanah yang perlu disampaikan dalam setiap harta dan nikmat yang telah Allah berikan.

Dalam harta yang kita miliki, ada hak orang lain yang perlu diberikan. Jika hak tersebut ditunaikan, sejatinya harta tersebut tidak akan berkurang. Justru akan bertambah keberkahannya. Karena itu, rasanya tidak perlu untuk memperhitungkan untung dan rugi saat hendak memberikan sebagian harta kita untuk orang yang lebih membutuhkan. Dalam QS An Nur ayat 33 Allah berfrman:

وَآَتُوهُمْ مِنْ مَالِ اللَّهِ الَّذِي آَتَاكُم

Berikanlah kepada mereka harta Allah yang telah Allah berikan kepada kalian.

Dan untuk kita yang tidak sengaja mendapatkan hak tersebut, atau mendapatkan seseorang yang memberikan hartanya kepada kita, tentunya kita akan berterima kasih kepadanya. Namun tak elok rupanya jika hanya ucapan terima kasih yang kita persembahkan. Baik kiranya jika kita juga mempersembahkan doa terbaik untuk seseorang yang telah memberikan sebagian hartanya.

Dalam kitab Fathul Bari, tertuliskan sebuah doa yang disarikan dari hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari. Sebuah doa yang perlu dibacakan untuk orang yang telah memberikan sebagian hartanya untuk orang lain. Doa terebut adalah sebagai berikut:

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِك

Barakallahu laka fi ahlika wa malika

Semoga Allah memberkahimu dalam keluarga dan hartamu.” (HR. Bukhari)

Doa tersebut perlu kita bacakan untuk seseorang yang telah menunaikan hak orang lain dalam harta yang dimilikinya. Selain tanda terima kasih, doa tersebut juga merupakan kado indah yang terlantunkan dengan ikhlas. Dengan kata lain kita berharapa semoga keberkahan Allah terus menyertai orang yang telah memberika sebagian hartanya tersebut.

Baca Juga :  Empat Hal yang Menjadi Penerang dalam Kubur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here