Doa untuk Hakim Agar Adil Memutuskan Hukum

0
334

BincangSyariah.Com – Tugas hakim untuk memutuskan suatu hukum sangat berat. Tidak semua yang bersengketa merasa lega atas putusan hakim. Oleh karena itu, seorang hakim dianjurkan berdoa agar keputusan hukum yang ditetapkannya itu dipandang adil oleh Allah Swt., walaupun di mata manusia terlihat tidak adil secara kasat mata.

Syekh Abu Bakar Syatha mencatat doa untuk hakim agar diberikan keluasan ilmu dan menetapkan hukum seadil-adilnya dari riwayat Ummu Salamah. Doa yang dimaksud adalah sebagai berikut.

اللهم إني أعوذ بك أن أضل أو أضل، أو أزل أو أزل، أو أظلم أو أظلم، أو أجهل أو يجهل علي

Allohumma inni au‘dzubika an adhilla au udholla, au azilla au uzalla, au azhlima au uzhlama, au ajhala au yuhala ‘alayya.

Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kesesatan atau aku tersesat, kekeliruan atau terpeleset, kezaliman atau terzalimi, kebodohan atau diperbodoh. 

Imam Sya‘bi terbiasa membaca doa tersebut selepas keluar dari majlis peradilan. Ia pun menambahi doa tersebut dengan redaksi berikut.

أو أعتدي أو يعتدى علي

Au a‘tadiya au yu‘tada ‘alayya

atau aku menyakiti orang lain atau disakiti.

Selain itu, Syekh Abu Bakar Syatha juga menambahkan doa lain untuk seorang hakim.

اللهم أغنني بالعلم، وزيني بالحلم، وألزمني التقوى حتى لا أنطق إلا بالحق، ولا أقضي إلا بالعدل

Allohumma aghnini bil ‘ilmi, wa zayyinni bil hilmi, wa alzimni at-taqwa hatta la anthiq illa bil haqq, wa la aqdhi illa bil ‘adl. 

Ya Allah, perkayalah diriku dengan ilmu, hiasilah akhlakku dengan kelembuatn, perkuatlah rasa takut pada-Mu dalam benakku agar aku hanya mengatakan hal yang benar dan memutuskan putusan hukum dengan adil. Wallahualam

Baca Juga :  Inilah Zikir dan Doa yang Dibaca Saat Ziarah Kubur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here