Doa Agar Terhindar dari Teman dan Tetangga yang Buruk

7
16637

BincangSyariah.Com – Berbuat baik kepada teman dan tetangga menjadi sangat penting dalam ajaran Islam. Banyak dalil dalam Al Qur’an dan juga hadis yang menyiratkan bahwa setiap umat Islam diwajibkan untuk terus berbuat baik kepada orang lain dengan menolongnya jika mereka membutuhkan sebuah pertolongan. Sebagai agama rahmatan lil ‘alamin, dalam berbuat baik kepada teman dan tetangga kita diwajibkan untuk tidak memandang dari segi sosial dan suku.

Islam memang agama yang luhur dan suci. Keluhuran itu diwujudkan dalam ajaran-ajaran yang suci dan selalu berbuat baik. Dalam QS Al Qashash ayat 77 Alllah berfirman:

وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ ۖ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ

Berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

Namun pada kenyataannya tidak semua teman dan tetangga itu bisa berbuat baik dalam kehidupan. Teman dan tetangga yang buruk banyak mempengaruhi dimensi emosi dan hati kita. Perlu kesabaran dan lapang dada saat menghadapi teman dan tetangga yang sering menyebalkan, tidak menyenangkan, bahkan bersikap jahat kepada kita. Namun jika kita pandai olah rasa, akan bisa melaluinya dengan baik, apalagi balasannya pahala bagi yang mampu melakukan.

Selain dengan sabar dan lapang dada, tentu kita tidak membalas keburukan teman dan tetangga dengan keburukan yang serupaka. Mendoakan adalah salah satu cara cerdas untuk melawan teman dan tetangga yang buruk itu. Dalam kitab Mu’jamul Kabir disebutkan doa yang dilantunkan agar terhindar dari teman dan tetangga yang buruk. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Selain Takbiran, Ini Doa yang Dibaca Rasulullah Saat Momen Hari Raya Idul Adha

اللهم اني أعوذ بك من يوم السوء ومن ليلة السوء ومن ساعة السوء ومن صاحب السوء ومن جار السوء في دار المقامة 

Allahumma inni a’udzubika min yaumis su’ wa min lailatis su’ wa min sa’atis su’ wa min shahibis su’ wa min jaris su’ fi daril muqamah

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hati yang buruk, malam yang buruk, waktu yang buruk. Teman yang buruk, dan dari tetangga yang buruk di tempat tinggalku (HR Thabrani)

Bagaimanapun buruk perilakunya, hanya kepada Allah kita meminta agar teman dan tetangga itu dilembutkan hati dan perilakunya, dan akhirnya bisa insyaf untuk tidak berperilaku buruk  lagi. Semoga doa di atas bisa membantu dan menjauhkan pribadi kita dari teman dan teman yang buruk dan tak diinginkan.

7 KOMENTAR

  1. […] Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari sahabat pengkhianat, kedua matanya selalu perhatian padaku, tapi hatinya selalu mencari kesalahanku. Saat melihat kebaikan (yang aku lakukan), dia menyembunyikannya. Tapi jika ia melihat keburukan (yang aku lakukan), ia bermulut ember. (Baca: Doa Agar Terhindar dari Teman dan Tetangga yang Buruk) […]

  2. […] Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari sahabat pengkhianat, kedua matanya selalu perhatian padaku, tapi hatinya selalu mencari kesalahanku. Saat melihat kebaikan (yang aku lakukan), dia menyembunyikannya. Tapi jika ia melihat keburukan (yang aku lakukan), ia bermulut ember. (Baca: Doa Agar Terhindar dari Teman dan Tetangga yang Buruk) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here