Doa Terakhir Umar Khayyam Menjelang Tutup Usia

0
446

BincangSyariah.Com – Selain dikenal luas sebagai matematikawan, Umar Khayyam juga dikenal luas sebagai penyair. Sebenarnya, mengutip Ahmad Rami dalam pengantarnya terhadap kitab syair karya Umar Khayyam, Ruba’iyyat, Umar Khayyam dikenal menguasai apa yang disebut sebagai ‘ulum al-hikmah. Yang disebut ‘ulum al-hikmah itu pada masa lalu adalah ilmu yang sepenuhnya menggunakan penalaran rasio seperti Astronomi, Matematika, hingga Filsafat, demikian seperti dijelaskan oleh Ibn Khaldun dalam al-Muqaddimah. 

Umar Khayyam dijelaskan mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Ahmad Rami menyebut kalau setelah Ibn Sina, Umar Khayyam adalah diantara ulama yang paling dirujuk dalam persoalan ‘ulum al-Hikmah. Dikisahkan ia pernah mempelajari satu kitab waktu di Isfahan, Iran hingga tujuh kali, lalu ia menghafal seluruhnya dan dapat menulis ulangg ketika ia kembali ke Nisapur/Naisabur (Nisapur dan Isfahan kini masuk wilayah Iran. Beberapa karyanya adalah Mukhtashar fi at-Thobi’iyyat, Risalatun fi al-Wujud, dan Risalatun fi al-Kawn wa at-Taklif. 

Meskipun dikenal sebagai ulama di bidang ilmu-ilmu hikmah tersebut, ia juga memperdalam tema-tema ketuhanan. Buku yang menjadi rujukannya adalah as-Syifa’ karya Ibn Sina. Dikisahkan, ketika ia membaca buku tersebut, sampai di bab al-Wahid wa al-Katsir (yang Satu dan yang Banyak), ia menghentikan buku itu. Ia lalu pergi shalat, lalu tidak makan dan minum sepanjang. Saat ia selesai shalat isya’ ia membaca doa berikut ini,

أللهم إنّي عرفتك على مبلغ إمكاني فاغفر لي، فإن معرفتي إياك وسيلتي إليك

Allahumma inni ‘araftuka ‘ala mablaghi imkaanii, faghfir lii, fa inna ma’rifatii iyyaaka wasiilatii ilayka

Ya Allah, sesungguhnya aku mengenal-Mu dengan sepenuh kemampuanku, maka ampunilah aku. Karena sesungguhnya lewat mengetahui-Mu menjadi jalan bagiku untuk menemui-Mu. 

Setelah berdoa tersebut, dikisahkan itu adalah doa terakhir Umar Khayyam jelang tutup usia.

Baca Juga :  Doa Istri Agar Selalu Disayang Suami

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here