Doa Syukur yang Dibaca Oleh Sayidina Ali di Waktu Pagi

0
648

BincangSyariah.Com – Selain kita harus banyak berzikir, berdoa dan bermunajat kepada Allah di waktu pagi, kita juga harus bersyukur kepada-Nya atas semua nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita. Salah satu kalimat dan doa syukur yang dibaca oleh Sayidina Ali di waktu pagi adalah sebagai berikut;

الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى حُسْنِ الْمَسَاءِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى حُسْنِ الْمَبِيتِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى حُسْنِ الصَّبَاحِ

Alhamdu lillaahi ‘alaa husnil masaa-i, walhamdu lillaahi ‘alaa husnil mabiiti, walhamdu lillaahi ‘alaa husnish shobaah. (Baca: Doa Pagi Hari Agar Wafat Husnul Khatimah)

Segala puji bagi Allah atas kebaikan yang diberikan di waktu sore hari, segala puji bagi Allah atas kebaikan yang diberikan di waktu malam hari, dan segala puji bagi Allah atas kebaikan yang diberikan di waktu pagi hari.

Doa syukur ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman sebagai berikut;

عن الحسين بن عبد الله بن ضميرة عن أبيه عن جده عَنْ عَلِيٍّ رضي الله عنه أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ: مَنْ قَالَ حِينَ يُصْبِحُ: الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى حُسْنِ الْمَسَاءِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى حُسْنِ الْمَبِيتِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى حُسْنِ الصَّبَاحِ، فَقَدْ أَدَّى شَكَرَ لَيْلَتِهِ وَنَوْمِهِ، أَظُنُّهُ قَالَ وَيَوْمِهِ.

Dari Husain bin Abdillah bin Dhamirah, dari bapaknya, dari kakeknya, dari Sayidina Ali bahwa beliau berkata; Barangsiapa di waktu pagi hari mengucapkan; Alhamdu lillaahi ‘alaa husnil masaa-i, walhamdu lillaahi ‘alaa husnil mabiiti, walhamdu lillaahi ‘alaa husnish shobaah, maka dia telah melakukan syukur atas nikmat malam dan tidurnya. Aku menduga beliau berkata; Dan harinya.

Baca Juga :  Doa Sesudah Thawaf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here