Doa Setelah Membaca Surah Al-Qadr

0
26

BincangSyariah.Com – Surah Al-Qadr termasuk surah-surah pendek dan banyak dihafal oleh kebanyakan kaum muslimin. Surah Al-Qadr termasuk surah Makkiyah dan terdiri dari lima ayat, serta diturunkan setelah surah ‘Abasa wa Tawalla. Di antara keutamaan membaca surah Al-Qadr adalah apabila dibaca pada anak yang baru dilahirkan, maka anak tersebut akan terhidar dari perbuatan zina selama hidupnya.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Bakr Syatha dalam kitab kitab I’anatut Thalibin berikut;

ونقل عن الشيخ الديربي أنه يسن أن يقرأ في أذن المولود اليمنى: (إنا أنزلناه) لأن من فعل به ذلك لم يقدر الله عليه زنا طول عمره.

Dinukil dari Syaikh Al-Dairabi bahwa disunnahkan untuk dibacakan pada telinga kanan anak yang baru dilahirkan surah ‘Innaa anzalnaahu’ (surah Al-Qadr). Karena orang yang melakukan hal tersebut pada anak yang baru dilahirkan, maka anak tersebut tidak ditakdirkan oleh Allah untuk melakukan zina selama hidupnya.

Adapun doa setelah membaca surah Al-Qadr adalah sebagai berikut;

يَا مَنْ يَكْتَفِي مِنْ خَلْقِهِ جَمِيعًا وَلَا يَكْتَفِي مِنْهُ أَحَدٌ مِنْ خَلْقِهِ، يَا أَحَدَ مَنْ لَا أَحَدَ لَهُ، انْقَطَعَ الرَّجَاءُ إِلَّا مِنْكَ ﻭَﺧَﺎﺑَﺖِ ﺍْﻵﻣﺎَﻝُ ﺇِﻻَّ ﻓِﻴْﻚَ ﻭَﺳَﺪَّتِ ﺍﻟﻄُّﺮُﻕُ ﺇِﻻَّ ﺇِﻟَﻴْﻚَ ﻳَﺎ ﻏِﻴَﺎﺙَ ﺍْﻟﻤُﺴْﺘَﻐِﻴْﺜِﻴْﻦَ أَغِثْنِي أَغِثْنِي

Ya man yaktafi min kholqihi jami’an wa la yaktafi minhu ahadun min kholqihi. Ya ahada man la ahada lahu inqotho’ar raja-u illaa minka wa khoobatil aamaalu illaa fiika wa saddatith thuruqu illaa ilaika, ya ghiyaatsal mustaghiitsin, aghitsni aghitsni.

Wahai yang Maha Melindungi dari semua makhluk-Nya sementara tiada satu pun makhluk-Nya yang terlindungi dari-Nya, wahai yang Maha Esa yang tiada sekutu bagi-Nya, aku sudah putus harapan kecuali dari-Mu, cita-cita sudah sirna kecuali dalam diri-Mu, dan jalan-jalan tujuan sudah tertutup kecuali pada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Menolong orang-orang yang minta pertolongan, tolonglah aku, tolonglah aku.

Disebutkan dalam kitab Raudhah li Al-Zharif fi Khawash Ismillaah Ta’ala Al-Lathif bahwa siapa saja yang banyak membaca surah Al-Qadr dan kemudian membaca doa di atas, maka dia akan terhindar dari kefakiran.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here