Doa Seorang Musafir yang Melihat Penampakan

0
369

BincangSyariah.Com – Jika kita melakukan perjalanan ke sebuah tempat baru, kita tak tahu apakah tempat tersebut angker atau tidak, terkadang pada tempat-tempat asing tersebut setan mengganggu manusia dengan menampakkan dirinya sebagai bentuk yang menakutkan atau bentuk selainnya. Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar mengatakan, jika seorang musafir melihat penampakan seperti itu maka disunahkan baca wirid yang disebutkan dalam hadis berikut

Diriwayatkan dalam kitab Ibnu Sunni dari sahabat Jabir ra bahwa sesungguhnya Nabi Saw bersabda

إذا تغوّلت لكم الغيلان فنادوا بالأذان

Artinya; Jika setan  menampakkan diri pada kalian, maka kumandangkanlah adzan (HR. Ibnu Sunni)

Imam Nawawi menjelaskan bahwa al-Ghilan adalah sejenis jin atau setan yang mempunyai kemampuan menyihir. Sedangkan kata taghawwalat adalah menampakkan diri, sedangkan maksud dari hadis tersebut adalah berlindunglah kalian darinya dengan mengundangkan adzan. Karena setan jika mendengar adzan maka dia lari.

Pada pembahasan awal kitab al-Adzkar, pembahasan ini telah disinggung Imam Nawawi dalam bab Zikir dan Doa ketika Melihat Setan. Yaitu dalam riwayat Imam Muslim dari Suhail bin Abi Shalil, menceritakan,

أرسلني أبي إلى بني حارثة ومعي غلام لنا أو صاحب لنا، فناداه مناد من حائط باسمه وأشرف الذي معي علي الحائط فلم ير شيئا، فذكرت ذلك لإبي فقال: لو شعرت أنك تلقي هذا لم أرسلك ولكن إذا سمعت صوتا فناد بالصلاة، فإن سمعت أبا هريرة رضي الله عنه يحدث عن رسول الله قال: إن الشيطان إذا نودي بالثلاثة أدبر

“Bapakku mengutusku ke kabilah Bani Haritsah dan aku bersama pembantuku. Tiba-tiba ada suara yang memanggilnya dari tembok. Pembantuku menoleh ke arah tembok dan memerhatikannya, akan tetapi tidak melihat sesuatu pun, kemudian aku menceritakan hal itu kepada bapakku.

Baca Juga :  Sunnah Melakukan Dua Hal Ini Ketika Melihat Setan

Beliau mengatakan; ‘Seandainya dari pertama aku mengetahui akan terjadi hal itu, tentu aku tidak mengutusmu. Jika kamu melihat suara seperti itu kumandangkan azan, karena aku mendengar Abu Hurairah ra meriwayatkan sebuah hadis dari Rasulullah Saw, bahwa beliau bersabda, “Sesungguhnya setan lari ketika dikumandangkan azan.” (HR. Muslim)

Selain itu, sambung Imam Nawawi, juga dianjurkan membaca ayat-ayat Al-Quran yang kandungan isinya tentang perlindungan dari setan seperti telah dijelaskan dalam artikel terdahulu.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here