Menjelang Ramadhan 2020, Ini Doa Sayidina Ali Ketika Melihat Bulan Sabit

1
1433

BincangSyariah.Com – Dalam kitab-kitab hadis, sudah banyak disebutkan riwayat-riwayat mengenai doa-doa ketika melihat hilal menjelang memasuki bulan baru. Doa-doa tersebut ada yang langsung dibaca dan diajarkan oleh Nabi Saw, dan ada pula yang dibaca dan diajarkan oleh para sahabat, termasuk Sayidina Ali. Adapun doa yang dibaca oleh Sayidina Ali ketika beliau melihat hilal atau bulan sabit adalah doa berikut;

اللَّهُمَّ ارزقنا نَصره وخيره وبركته وفتحه ونوره ونعوذ بك من شَره وَشر مَا بعده

Allohummarzuqnaa nushrohuu wa khoirohuu wa barokatahuu wa fathahuu wa nuurohuu wa na’uudzubika min syarrihii wa syarri maa ba’dahuu. (Baca: Doa Nabi ketika Melihat Bulan Sabit)

Ya Allah, berilah kami rizeki pertolongan hilal (bulan sabit), kebaikannya, keberkahannya, pembukaannya dan cahayanya, dan kami berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan bulan setelahnya.

Doa ini berdasarkan hadis riwayat Ibnu Abi Syaibah dalam kitab Mushannaf-nya, dari Abi Ishaq, dia berkata;

ان عليا كَانَ يَقُول إِذا رأى الْهلَال اللَّهُمَّ ارزقنا نَصره وخيره وبركته وفتحه ونوره ونعوذ بك من شَره وَشر مَا بعده

Sesunggunya Sayidina Ali ketika melihat hilal mengucapkan doa; Allohummarzuqnaa nushrohuu wa khoirohuu wa barokatahuu wa fathahuu wa nuurohuu wa na’uudzubika min syarrihii wa syarri maa ba’dahuu (Ya Allah, berilah kami rizeki pertolongan hilal (bulan sabit), kebaikannya, keberkahannya, pembukaannya dan cahayanya, dan kami berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan bulan setelahnya).

100%

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here